WARNING! Pokemon Go Terserang Virus Trojan, 6000 Ponsel Terinveksi – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

1230x100
Teknologi

WARNING! Pokemon Go Terserang Virus Trojan, 6000 Ponsel Terinveksi

pokemon-go-_160715183150-116

FAJAR.CO.ID – Kaspersky Lab menemukan sebuah aplikasi berbahaya di Google Play Store, yakni Guide for Pokemon Go. Peranti lunak untuk panduan game Pokemon Go tersebut disusupi Trojan.

Yang mengkhawatirkan, aplikasi tersebut telah diunduh lebih dari 500.000 kali, dengan 6.000 ponsel di antaranya telah sukses terinfeksi. 

Roman Unuchek, Analis Malware Senior, Kaspersky Laboratorium mengatakan, fenomena Pokemon Go secara global dimanfaatkan para penjahat siber melangsungkan aksinya. Mereka membuat aplikasi serupa untuk mengecoh para pengguna Pokemon Go.

Bahayanya, aplikasi seperti ini biasanya dapat merebut akses root pada smartphone Android dan menggunakannya untuk menginstal/uninstall aplikasi serta menampilkan iklan yang tidak diinginkan.

“Di dunia online, dimanapun pengguna berkumpul, maka para penjahat siber dengan cepat selalu mengikuti. Tidak terkecuali Pokemon Go. Pada awalnya, pengguna tidak menyadari adanya peningkatan yang menjengkelkan dan mengganggu dari iklan, tetapi implikasi jangka panjang dari infeksi bisa menjadi jauh lebih berbahaya,” ujar Roman Unuchek dalam keterangan resminya, Senin (19/9).

“Jika telah terinfeksi, maka ada orang lain di dalam ponsel Anda yang memiliki kontrol atas OS dan semua yang Anda lakukan dan menyimpan di dalamnya,” sambungnya.

Dia menerangkan, Trojan ini memiliki beberapa fitur menarik yang digunakan untuk melewati deteksi. Sebagai contoh, Trojan tidak segera beraksi setelah korban membuka  aplikasi untuk pertama kalinya. 

Sebaliknya, Trojan akan menunggu pengguna ketika menginstal atau menghapus aplikasi lain, kemudian memeriksa untuk melihat apakah aplikasi tersebut berjalan pada perangkat atau pada mesin virtual. Jika aplikasi tersebut berurusan dengan perangkat, Trojan akan menunggu selama dua jam sebelum memulai aktivitas berbahayanya. 

“Kami berharapa para pengguna untuk segera menghapus aplikasi ini. Untuk menghindari hal-hal tidak diinginkan seperti pencurian data, ada baiknya pengguna menginstal solusi keamanan yang handal,” pungkasnya. (fab/JPG)

BACA:  Asik, Film Perdana Pokemon Live Action Segera Dirilis
loading...
Click to comment
banner advertise
To Top