Bisa Mengancam Nyawa, Dari Sekarang Kenali Tanda-tanda Heat Stroke – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

banner-oktober
Kesehatan

Bisa Mengancam Nyawa, Dari Sekarang Kenali Tanda-tanda Heat Stroke

head-stroke

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Heat stroke atau sengatan panas adalah salah satu kondisi gawat darurat medis yang memerlukan penanganan yang cepat dan tepat.

Bila tidak, orang yang mengalami heat stroke bisa jatuh ke kondisi yang fatal.

Mengapa bisa fatal? Karena heat stroke bisa menyebabkan kerusakan multi organ terutama gangguan pada otak.

” Heat stroke adalah masalah yang mengancam jiwa,” kata seorang dokter darurat di Sistem Kesehatan Geisinger, Douglas Kupas, seperti dilansir laman Prevention.

Kondisi seperti tekanan darah tinggi, penyakit tiroid atau diabetes bisa menempatkan Anda pada risiko lebih tinggi menderita kondisi ini dan isu-isu lain.

Seperti gangguan makan, BMI tinggi dan mengonsumsi obat dengan stimulan juga bisa berkontribusi.

Kabar baiknya adalah bahwa ada hal-hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah heat stroke. Mereka akan memiliki tanda-tanda peringatan panas sebelum mereka sampai ke heat stroke.

Berikut adalah beberapa tanda-tanda heat stroke.

1. Suhu tubuh Anda melonjak

Heat stroke adalah ujung paling parah dari spektrum penyakit yang berhubungan dengan panas. Umumnya, orang yang menderita kelelahan panas memiliki suhu 38 C.

2. Organ Anda mulai gagal

Suhu tubuh tinggi bisa mematikan organ tubuh Anda juga. Suhu tubuh Anda yang begitu tinggi pada dasarnya Anda menggoreng organ Anda.

Ginjal, hati, jantung, otak, semua dari mereka bisa dipengaruhi. Salah satu tip-off, Anda mungkin melihat urin Anda berwarna merah jika Anda mulai mengalami gagal ginjal.

3. Anda benar-benar bingung

Perubahan status mental, kebingungan dan delirium adalah penanda stroke panas. Perubahan tersebut juga indikator utama bahwa Anda telah pindah dari kelelahan panas ke heat strokeyang mengancam jiwa.

4. Anda merasa mual

Merasa mual adalah salah satu gejala fisik yang paling umum dari kelelahan panas/heat stroke. Tapi tanda lainnya seperti lelah dan muntah bisa menandakan Anda sedang dalam perjalanan untuk mengalami heat stroke juga.

Panas dan kelelahan sendiri adalah kondisi serius, tetapi jika Anda mengenalinya lebih awal, pergilah ke tempat yang dingin dan mengisi kehilangan cairan dan elektrolit dengan minuman olahraga.(fny/jpnn)

loading...
Click to comment
Fajar.co
To Top