Digugat Nur Alam, Bang Uchok: Yakin KPK Pasti Menang – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

banner-oktober
Hukum

Digugat Nur Alam, Bang Uchok: Yakin KPK Pasti Menang

Uchok Sky Khadafi

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Direktur Centre for Budget Analysis (CBA) Uchok Sky Khadafi meminta kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk segera melakukan penahanan terhadap Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Nur Alam yang telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus penerbitan izin usaha pertambangan di Kabupaten Buton dan Bombana.

Hingga sampai saat ini KPK belum juga melakukan penahanan terhadap Nur Alam. Padahal, mantan Ketua DPW PAN Sultra tiga periode itu sudah menyandang status tersangka sejak Selasa (23/8). Alasannya, KPK masih perlu harus meminta izin Menteri Dalam Negeri (Mendagri) untuk melakukan pemeriksaan terhadap Nur Alam.

“Tidak ada alasan bagi aparat hukum untuk memperlambat proses hukum atau penyidikan atas tersangka kepala daerah. Jadi, aparat hukum tidak boleh berkilah, harus cepat diselesaikan,” kata Uchok kepada Fajar.co.id.

Dijelaskan, memang dalam aturan yang tercantum dalam pasal 90 ayat (1) UU Nomor 23 Tahun 2014 disebutkan bahwa penyidikan dan penahanan kepala daerah perlu persetujuan tertulis dari Mendagri.

“Tapi, perlu juga diketahui bahwa dalam pasal 90 ayat (2) juga menjelaskan jika dalam kurun waktu 30 hari izin Menteri tidak terbit, maka aparat penegak hukum dapat langsung melakukan penyidikan dan penahanan,” urainya.

Mengenai upaya Nur Alam yang menempuh jalur hukum gugatan praperadilan atas penetapan tersangkanya di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, lanjut Uchok hal itu sah-sah saja. Namun, terkait dengan salah satu materi gugatan bahwa kasus yang menjerat gubernur dua periode itu sebelumnya telah di SP3 kan oleh Kejaksaan Agung (Kejagung) yang sejak awal menangani kasus itu.

“Kasus yang ditangani KPK, tidak ada istilah SP3. Jangankan SP3, sebagai contoh kasus yang sudah kadaluarsa saja yang selama ini disimpan oleh Kejagung seperti kasus bansos Alex Noerdin, Gubernur Sumatera Selatan bisa langsung diungkap dan ditindaklanjuti oleh KPK,” paparnya.

“Artinya, semua kasus ditangani atau diambil alih oleh KPK. Jadi, tidak ada yang salah dalam kasus ini (Nur Alam, red). Dan KPK, aku yakin menang dalam melawan gugatan praperadilan ini,” sambungya. (hrm/Fajar)

loading...
Click to comment
Fajar.co
To Top