Pak Jokowi, Ini 3 Tuntutan Bidan PTT – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Nasional

Pak Jokowi, Ini 3 Tuntutan Bidan PTT

bidan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – ‎Aksi demo bidan desa PTT (Pusat) Indonesia yang digelar tiga hari berturut-turut mempunyai misi khusus. Menurut Ketum Forum Bidan Desa (Forbides) PTT (Pusat) Indonesia Lilik Dian Ekasari, aksi demo hari ini sengaja digelar bertepatan dengan rapat terbatas (ratas) di Istana Negara.

“MenPAN-RB mengeluarkan surat agar pengumuman 9 September ditunda karena menunggu waktu ratas. Nah hari ini ada ratas, ‎makanya kami tuntut janji MenPAN-RB,” tegas Lilik di lokasi demo, Selasa (20/9).

Dia menyebutkan, peranan bidan desa PTT sangat penting untuk menurunkan gizi kurang atau buruk, menurunkan tingginya angka kematian ibu dan angka kematian bayi (AKI-AKB).

Juga menyelamatkan ibu melahirkan (perempuan Indonesia) dan penerus bangsa, menjalankan program KIS, dan pertolongan kesehatan di desa-desa selama ini.‎

“Untuk itu, kami mengharapkan kepada Presiden RI Joko Widodo, agar bisa menuntaskan penyelesaian terbaik kepada bidan desa di Indonesia,” sergahnya.

Adapun tuntutan Forbides kepada Presiden Jokowi sebagai berikut:

Pertama, memanggil MenPAN-RB serta Menkes RI untuk melakukan pengumuman terbuka CPNSD 42.245 orang bidan desa PTT (Pusat).

Kedua, memastikan agar Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dapat memantau seluruh proses pengangkatan CPNSD bidan desa PTT (Pusat), sampai SK NIP sebagai PNS benar-benar di tangan bidan desa.

Ketiga, agar mulai 1 Januari 2017 bidan desa sudah menjalankan prioritas program kesehatan nasional sebagai PNS dan menjadi bagian solusi strategis pembenahan pelayanan dasar kesehatan rakyat di desa-desa. (esy/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top