Putri Soekarno: DPD Dibubarkan Saja… – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

1230x100
Nasional

Putri Soekarno: DPD Dibubarkan Saja…

Rachmawati Soekarnoputri

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Operasi tangkap tangan yang menjerat Ketua DPD Irman Gusman disikapi kritis oleh Rachmawati Soekarnoputri. 

Putri mantan Presiden Seokarno itu menilai momentum penangkapan Irman harus menjadi bahan evaluasi keberadaan DPD. 

Dia menilai sudah saatnya Indonesia kembali kepada UUD 1945, dimana MPR kembali menjadi lembaga tertinggi negara. 

“Lalu DPD dibubarkan saja, melebur kembali menjadi Utusan Daerah di MPR. Dan ini harus dilakukan tanpa perlu melalui amandemen kelima,” tegas Rachma sebagaimana dilansir Rmol (Jawa Pos Grup), Selasa (20/9). 

Rachma mengingatkan, sejarah menunjukan upaya mengubah UUD1945 berkali-kali menemui kegagalan seprti ketika adanya UUD Sementara 1950, dan itu menjdikan NKRI sebagai Republik Indonesia Serikat (RIS) yang bersifat federalisme. 

Sejarah juga mencatat, anggota konstituante atau parlemen hanya bicara sebagai “orang partai” yang didedikasinya kepada partai, dan bukan kepada negara.

“Rencana Amandemen kelima adalah pikiran picik, egois dan tidak belajar dari sejarah,” ungkap Rachma.

Rachma menekankan bahwa fakta sudah menunjukkan, amandamen hingga empat kali sudah cukup memporakporandakan ketatanegaraan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. 

Sehingga kini, bernegara dan berbangsa tidak sesuai dengan cita-cita Proklamasi 1945. “Jangan jadi keledai terantuk dengan batu yang sama. Kata Bung Karno, jangan sekali-kali meninggalkan sejarah jika kau tidak ingin seperti monyet dalam kegelapan, adanya amuk!,” pungkas Rachma. (ysa/rmol/mam/JPG)

loading...
Click to comment
Fajar.co
To Top