Wakil Ketua DPD Tegaskan Pencopotan Irman Gusman Sudah Tepat – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Hukum

Wakil Ketua DPD Tegaskan Pencopotan Irman Gusman Sudah Tepat

irman-gusman

FAJAR.CO.ID JAKARTA – Pemberhentian Irman Gusman dari posisi ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dinilai Wakil Ketua DPD Farouk Muhammad sudah tepat.

Terlebih, kata Farouk, pihak yang mencopot Irman adalah Badan Kehormatan (BK) DPD dan semuanya sudah diatur oleh Tata Tertib DPD, bahwa ketua dan/atau wakil ketua akan diberhentikan apabila berstatus tersangka dalam perkara pidana.

“Irman kan menyangdang tersangka suap dan menjadi tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). BK sudah tepat dalam menggunakan kewenangannya dalam konteks menjaga kehormatan lembaga,” ujar Farouk sebelum rapat paripurna DPD berlangsung, Selasa (20/9).

Karena itu, dia meminta agar semua pihak mendengarkan laporan BK dalam sidang paripurna DPD. “Tentu memberhentikan dulu,” tuturnya.

Mengenai langkah puluhan anggota DPD yang akan mengajukan permohonan penahanan bagi Irman, Farouk justru menganggap hal itu sebaiknya tidak dilakukan. Sebab, kewenangan itu dilakukan oleh pihak kuasa hukum dan keluarga Irman.

“Seyogyanya tidak dilakukan. Itu keluarga dan lawyer yang mengajukan. Ada beberapa anggota teman saya yang empati. Kalau salah satu persyaratan untuk itu kan harus ada jaminan,” kata senator asal NTB itu. (JPG/Fajar)

loading...
Click to comment
To Top