Evakuasi Korban Bencana Longsor Sumedang, BPBD Gandeng TNI-Polri – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

1230x100
Daerah

Evakuasi Korban Bencana Longsor Sumedang, BPBD Gandeng TNI-Polri

longsor-sumedang

FAJAR.CO.ID, SUMEDANG – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumedang terus berupaya mencari dan mengevakuasi korban bencana longsor di lima dusun di Desa Ciherang, Sumedang Selatan, Jawa Barat.

Pencarian dan evakuasi dilakukan atas kerja sama dengan BPBD Provinsi Jawa Barat, TNI, Polri, Palang Merah Indonesia, relawan, masyarakat dan dinas-dinas terkait.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, BPBD dengan mitra kerja terus melakukan pendataan dan memberikan  pelayanan darurat bagi para korban terdampak.

“Seperti penyediaan makanan melalui dapur umum serta kebutuhan dasar lain,” kata Sutopo dalam rilis, Rabu (21/9).

Menurut Sutopo, BPBD Jawa Barat telah mendistribusikan bantuan berupa air mineral dan mie instan. Sementara Perusahan Air Minum Daerah (PDAM) membantu penyediaan air bersih. “BPBD Sumedang melaporkan saat ini masih terkendala jumlah MCK bagi para pengungsi,” tuturnya.

Sutopo menambahkan, BPBD setempat melaporkan bencana ini berdampak pada kerugian material dan korban jiwa.

Data sementara dari BPBD sebagai berikut tiga rumah dan satu mushola hancur serta 200 rumah terdampak di Dusun Ciherang, dua rumah tertimbun di Dusun Cimareme, dan 100 orang mengungsi di Dusun Babakan Gunasari.

Sementara itu, lanjut Sutopo, tiga orang meninggal dunia, dua lainnya luka ringan, dan satu orang masih dalam pencarian. Dia menjelaskan, korban luka ringan telah dirawat oleh RSU Sumedang. “Kurang lebih 300 keluarga di enam RT terdampak dan 75 keluarga (335 jiwa) mengungsi ke GOR Tajimalela, Sumedang,” tutur dia.

Lima dusun terdampak bencana di Desa Ciherang antara lain Dusun Ciherang, Ciguling, Singkup, Cimareme, dan Babakan Gunasari. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah mengirimkan Tim Reaksi Cepat serta memonitor terus menerus upaya tanggap darurat BPBD setempat. (Put/jpg)

loading...
Click to comment
Fajar.co
To Top