Alasan Anggaran, Pemprov Gantung Nasib Guru Honorer – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

1230x100
Daerah

Alasan Anggaran, Pemprov Gantung Nasib Guru Honorer

tunjangan-guru-honorer_20160102_091757

FAJAR.CO.ID MALUT – Nasib tenaga guru honorer tingkat SMA/sederajat di kabupaten/kota di wilayah Maluku Utara (Malut) masih belum jelas.

Pasalnya, pada Oktober nanti SMA/sederajat akan diambil alih Pemprov Malut, termasuk tenaga guru yang berstatus PNS. Sementara guru yang berstatus honorer belum diputuskan.

Terkait itu, Gubernur Malut Abd Ghani Kasuba mengaku Kadis Pendidikan masih melakukan koordinasi dengan Kemendagri dan Kemendikbud.

“Sementara masih koordinasi. Sebab kalau seluruhnya menjadi tanggung jawab Provinsi, anggarannya tidak akan cukup,” kata Ghani Kasuba kepada Malut Post (JPG).

Orang nomor satu di Pemprov Malut itu menjelaskan, memang kebijakan pengalihan ini hanya untuk guru PNS saja, tidak termasuk honorer.

BACA:  Honorer K2 Belum Aman, Mau Jadi CPNS? Wajib Lolos Syarat Ini

“Solusinya masih dibicarakan, tapi akan diupayakan agar mereka tetap diakomodir,” katanya tanpa menjelaskan secara gamblang solusi yang akan dilakukan nanti.

Terpisah, Ketua Komisi IV DPRD Malut Amin Drakel, meminta agar gubernur selain berkonsultasi dengan pihak pemerintah pusat, juga membangun kesepakatan dengan pemerintah kabupaten/kota.

“Agar beban tenaga honorer tidak sepenuhnya ditanggung Pemprov,” ujarnya.

Sebab kata dia, kebijakan pengangkatan tenaga honorer ini diputuskan melalui peraturan daerah (perda) di masing-masing kabupaten kota.

“Buatlah kesepakatan agar tanggung jawab honorer tetap dibayarkan kabupaten kota dengan dasar Perda. Sehingga tenaga honor ini juga tetap terpakai,” sarannya. (Fajar/jpnn)

loading...
Click to comment
banner advertise
To Top