Moratorium Pemekaran Tidak Berlaku untuk Daerah Perbatasan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Daerah

Moratorium Pemekaran Tidak Berlaku untuk Daerah Perbatasan

JAKARTA, 18/11 PENANAMAN SATU MILIAR POHON- Menteri Kehutanan, Zulkifli Hasan (kiri) duduk bersama Menteri BUMN saat menghadiri BUMN executive breakfast meeting dan launching penanaman 1 milyar pohon lingkup BUMN bertema "BUMN Sebagai Pelopor dan Pemimpin Bisnis Yang Berwawasan Lingkungan" di Jakarta, Kamis (18/11).   FOTO SINDO/EKO PURWANTO

FAJAR.CO.ID, TARAKAN – Ketua MPR RI Zulkifli Hasan berharap moratorium pemekaran daerah tidak dilakukan pada wilayah perbatasan. Sebab, kawasan itu merupakan halaman muka Indonesia.

Ini dikatakan Zulkifli ketika bertemu perwakilan masyarakat Nunukan, Kalimantan Utara, yang tergabung dalam Kelompok Adat Budaya Perbatasan (KABUDAYA), di Tarakan, Minggu (24/9).

Saat itu, masyarakat mengadukan persoalan sengketa perbatasan antara Indonesia dan Malaysia, yang hingga kini belum tuntas.

“Kita ingin moratorium itu tidak diberlakukan untuk daerah perbatasan. Bayangkan kalau daerah perbatasan itu ketinggalan dalam pembangunan,” kata Zulkifli, didampingi Ketua Fraksi PAN DPR Mulfachri Harahap dan Sekretarisnya Yandri Susanto.

Menurut Zulkifli, di Nunukan terdapat 154 ribu hektar wilayah dan 12 desa yang ditinggali WNI masih disengketakan. Karena itu, dia meminta persoalan tersebut mendapat perhatian khusus dari pemerintah. (fat/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top