Anies Kritik Ahok Soal Kualitas Pendidikan di Jakarta – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Pilkada

Anies Kritik Ahok Soal Kualitas Pendidikan di Jakarta

pasangan-anies-baswedan-sandiaga-uno

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Calon Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mulai membuka program kerjanya apabila kelak terpilih menjadi Gubernur DKI. Salah satu program yang menjadi perhatian dirinya adalah menjadikan Jakarta sebagai kota yang menyenangkan dan bersahabat.

Apalagi, Jakarta adalah kota yang pertama kali diucapkannya naskah Proklamasi dan juga sebagai kota dengan kegiatan perekonomian tersibuk.

“Kita akan coba itu,” ujar Anies saat menjalani tes kesehatan di RSAL Dr Mintohardjo, Jakarta, Sabtu (24/9).

Selain itu, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tersebut juga ingin membangun kualitas pendidikan yang maju dan fasilitas kesehatan di Jakarta. Pendidikan di Jakarta, menurutnya, harus sama dengan kota metropolitan di dunia.

Anies juga mengeluhkan selama ini di bawah kepemimpinan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, anggaran pendidikan di Jakarta tidak digunakan secara maksimal. Hal ini berbanding terbalik dengan kualitas pendidikan di Yogyakarta yang lebih bagus ketimbang di Jakarta.

“Yogyakarta mereka punya pendidikan lebih baik, kenapa kita (Jakarta) tidak,” pungkasnya.

Sekadar informasi, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah mengalokasikan dana pendidikan sekitar Rp 6,48 juta per siswa pada tahun 2015. Dana tersebut 13 kali lebih besar dibandingkan dana Rp 484.000 per siswa yang dialokasikan Pemerintah DI Yogyakarta di tahun yang sama.

Namun, kualitas pendidikan di Yogyakarta lebih bagus ketimbang Jakarta. Demikian data yang dirilis oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud).

Data indeks daerah tersebut menunjukkan bahwa kualitas pendidikan di Yogyakarta bahkan lebih unggul pada beberapa kategori ketimbang Jakarta.

Sebagai contoh pada kategori kualitas kompetensi guru. Yogyakarta meraih skor 67,02 sedangkan Jakarta hanya meraih skor 62,58. Menurut data itu, secara nasional, Provinsi DKI Jakarta berada di peringkat pertama dalam besaran alokasi dana pendidikan bagi siswa, diikuti Aceh dengan alokasi dana Rp 987,000 per siswa per tahun. (Fajar/JPG)

loading...
Click to comment
To Top