Ini Pernyataan Mendagri Terkait Pembakaran Gedung DPRD Gowa, Sulsel – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Daerah

Ini Pernyataan Mendagri Terkait Pembakaran Gedung DPRD Gowa, Sulsel

FAJAR.CO.ID JAKARTA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menyayangkan adanya aksi pembakaran Gedung DPRD Gowa, Sulawesi Selatan.

Aksi pembakaran ini berawal dari demonstrasi penolakan Peraturan Daeran (Perda) soal Lembaga Adat Daerah (LAD) tentang Fungsi Sombyya (Raja) yang dijalankan Bupati Gowa Adnan Purichta Yasin Limpo itu

“Tentunya saya sangat menyayangkan peristiwa ini (dibakarnya gedung DPRD Gowa). Kenapa tidak lebih dulu dimusyawarahkan dengan baik tanpa perlu adanya perusakan gedung DPRD,” ucap Mendagri, Senin (26/9/2016).

Menurut Tjahjo, pihaknya sudah meminta pada Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kemendagri untuk berkoordinasi dengan aparat setempat dan Pemda Sulsel untuk mencari solusi atas masalah tersebut.

“Kemendagri juga sudah menerima Bupati Gowa dan tokoh adat Gowa dan Sulsel dan keluarga Kerajaan Gowa. Kita meminta Gubernur Sulsel untuk mempelajari Perda Kab Gowa tersebut kemudian melaporkan ke kemendagri,” ujarnya.

Gedung DPRD Gowa di Jalan Masjid Raya, Sungguminasa, Kecamatan Somba Opu, Gowa itu dibakar pukul 13.00 WITA oleh sekitar 100 massa yang menolak Perda LAD.

Pukul 13.10 WITA, massa tiba di kantor DPRD Gowa dan langsung melakukan pelemparan ke Kantor DPRD Gowa dan mengadakan pembakaran gedung DPRD Kabupaten Gowa.

Akibat kejadian, kantor DPRD Gowa beserta barang inventaris habis terbakar, dan beberapa mobil yang terparkir di halaman Kantor DPRD Gowa mengalami kerusakan akibat lemparan batu.

Saat ini api sudah dapat di padamkan dengan menggunakan mobil pemadam kebakaran sebanyak 3 unit dari pemda Gowa.

Sementara pihak Kepolisian Polres Gowa dibantu dengan Kodim 1409/Gowa, masih berupaya untuk mengamankan Massa yang masih.berada.di Depan Kantor DPRD Gowa.

Pemadam kebakaran baru diperbolehkan masuk setelah polisi bernegosiasi dengan massa pengunjuk rasa.

Sejumlah anggota DPRD dan staf yang berada dalam gedung dilanda kepanikan. Polisi langsung bergerak mengevakuasi mereka lewat jendela.

loading...
Click to comment
To Top