Lagi, Kadis ESDM Diperiksa KPK, Akan Ada Tersangka Baru Dalam Kasus Nur Alam? – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Hukum

Lagi, Kadis ESDM Diperiksa KPK, Akan Ada Tersangka Baru Dalam Kasus Nur Alam?

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Untuk kesekian kalinya Kepala Dinas Energi Sumber daya Mineral Provinsi Sulawesi Tenggara (ESDM Sultra) Burhanuddin diperiksa oleh penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Burhanuddin diperiksa atas tersangka Gubernur Sultra Nur Alam.

Seperti diketahui, Nur Alam ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus penyalahgunaan kewenangan terkait izin pertambangan. Nur Alam diduga menerbitkan Surat Keputusan Persetujuan Pencadangan Wilayah Pertambangan, Persetujuan IUP Eksplorasi dan SK Persetujuan Peningkatan IUP Ekspporasi menjadi IUP Operasi Produksi. Izin tersebut diberikan kepada PT Anugerah Harisma Barakah (AHB) untuk melakukan penambangan di Kabupaten Bombana dan Buton, Sultra.

Nah, hari ini Senin (26/9) selain Kadis ESDM Sultra, Burhanuddin yang kembali dimintai keterangannya oleh penyidik KPK, ada juga dua orang lainnya. Mereka adalah mantan Bupati Buton LM Sjafei Kahar dan seorang lagi dari kalangan swasta bernama Jimmy Hermawan Wijaya.

Khusus untuk Burhanuddin sudah beberapa kali dipanggil untuk menghadap penyidik komisi anti rasuah itu. Pemeriksaan awal terhadap Burhanuddin kala itu dilakukan di Kendari. Bahkan, Burhanuddin beberapa kali dimintai keterangannya di ketika penyidik KPK turun langsung ke Kendari dan melakukan pemeriksaan di Mapolda Sultra.

Tak puas sampai disitu. Merasa masih ada yang perlu digali dari keterangan Burhanuddin, penyidik KPK kembali melayangkan surat panggilan dan harus menghadap langsung di markas KPK di Jalan Rasuna Said, Jakarta. Di Jakarta, Burhanuddin juga sudah beberapa kali dimintai keterangannya. Dalam kasus ini, Fatmawati yang tak lain adalah istri Burhanuddin juga tak luput dari ‘cengkraman’ KPK.

Oleh KPK, Fatmawaji dianggap memiliki informasi penting mengenai aliran dana yang diduga merupakan kickback yang diberikan oleh perusahan tambang kepada Nur Alam.

Diperiksanya kembali Burhanuddin apakah ada kemungkinan akan ada tersangka baru dalam kasus Nur Alam ini? Wakil Ketua KPK, La Ode Syarief yang dikonfirmasi melalui pesan Whatsapp menjelaskan, pemeriksaan terhadap Burhanuddin masih terkait dengan pengeluaran izin pertambangan oleh Nur Alam. Mengenai kemungkinan menjadi tersangka, La Ode Syarief enggan untuk berkomentar banyak. “(Tersangka, red) tergantung hasil pemeriksaan penyidik-penyidik KPK,” katanya singkat. (hrm/Fajar)

loading...
Click to comment
To Top