Terkait Kasus Nur Alam, KPK Periksa Mantan Bupati Buton – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Hukum

Terkait Kasus Nur Alam, KPK Periksa Mantan Bupati Buton

Mantan Bupati Buton Sjafei Kahar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akhirnya memanggil mantan Bupati Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra), Sjafei Kahar, Senin (26/9). Rencananya, lembaga antirasuah itu akan memeriksa Sjafei sebagai saksi kasus dugaan korupsi Gubernur Sultra Nur Alam.

“Dia akan diperiksa untuk tersangka NA,” kata Juru Bicara KPK Yuyuk Andriati Iskak, Senin (26/9).

Selain Sjafei, KPK juga menjadwalkan pemeriksaan atas Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral Sultra Burhanuddin. Ada juga seseorang dari kalangan swasta bernama Jimmy Hermawan Wijaya yang masuk daftar pemeriksaan hari ini sebagai saksi bagi Nur Alam.

Meski sudah puluhan saksi yang diperiksa, KPK belum juga menggarap Nur Alam sebagai tersangka tunggal kasus ini. Sebelumnya KPK mengumumkan Nur Alam sebagai tersangka korupsi pada 23 Agustus lalu.

Dia diduga menyalahgunakan kewenangan terkait penerbitan izin pertambangan. Yakni, Surat Keputusan Persetujuan Pencadangan Wilayah Pertambangan, Persetujuan IUP Eksplorasi dan SK Persetujuan Peningkatan IUP Eksplorasi Menjadi IUP Operasi Produksi.

Izin itu diberikan kepada PT AHB selaku perusahaan yang melakukan penambangan nikel di Kabupaten Buton dan Bombana, Sultra. (Fajar/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top