Ahok Bisa Tumbang Jika Agus atau Anies Lakukan Hal Ini – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Pilkada

Ahok Bisa Tumbang Jika Agus atau Anies Lakukan Hal Ini

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Pasca pendaftaran kandidat calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 lalu, kini para peserta pilkada mulai menyusun strategi untuk dapat merebut hati rakyat.

Tak terkecuali dua rival petahana Ahok-Djarot, pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno serta Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni, disarankan mengemas materi kampanye dengan matang.

Paling tidak harus bisa meyakinkan masyarakat Jakarta, ketika nantinya terpilih mereka akan jauh lebih baik dari pasangan petahana Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat.

Sumbang saran dikemukakan Direktur Eksekutif Riset Indonesia Toto Sugiarto, berdasarkan hasil analisis terhadap isi berita yang dimuat sejumlah media ternama sepanjang Januari hingga September.

“Bagi petahana, materi kampanye penting mengangkat semua kerja yang sudah dilakukan. Sementara bagi penantang, harus mampu meyakinkan publik, mereka akan bekerja lebih baik dari Ahok-Djarot,” ujar Toto saat merilis hasil analisis Riset Indonesia, Selasa (27/9).

Selain itu, para penantang Ahok-Djarot kata Toto, juga penting memperlihatkan pada publik, mereka jauh lebih santun dan manusiawi. Karena dari hasil analisis memperlihatkan, masyarakat Jakarta sangat menginginkan gubernur yang memiliki kinerja, sekaligus kepribadian yang baik.

“Jadi munculnya dua dimensi ini mencerminkan pentingnya kapasitas dan integritas. Paslon yang mampu menggabungkannya, berpotensi memenangkan kontestasi,” ujar Toto.

Dari sisi dimensi kinerja misalnya, mayoritas masyarakat kata Toto, menginginkan kriteria pemimpin yang mampu melakukan perbaikan ekonomi, mengatasi permasalahan publik, bekerja serius untuk rakyat dan mampu menyelesaikan masalah keamanan.

“Sementara pada sisi kepribadian, lebih dari 30 persen ‎masyarakat ingin adanya pemimpin yang pro-rakyat. 15 persen menginginkan gubernur bersih dari korupsi dan 11 persen menginginkan kepala daerah dengan kepribadian yang santun, beretika, tidak arogan dan tidak congkak,” ujar Toto. (fajar/jpnn)

To Top