Kapolri Persilahkan Janda Penggugat Rp100 Juta Lanjutkan Tuntutannya – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Kriminal

Kapolri Persilahkan Janda Penggugat Rp100 Juta Lanjutkan Tuntutannya

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Kepala Divisi Humas Polri Irjen Boy Rafli Amar merespon laporan janda Maria Magdalena Andriati Hartono yang menggugat Kapolri Jenderal Tito Karnavian Rp 100 miliar.

Menurut Boy, melalui program ‘Promoter’ Kapolri yaitu profesional, modern dan terpecaya, masyarakat yang tidak puas atas kinerja penyidik akan mendapat rasa keadilan. Polri, kata Boy, sangat terbuka untuk menindaklanjuti laporan masyarakat.

“Iya semuanya akan ditindaklanjuti. Semua berdasarkan hukum, apa perkaranya, apakah itu bagian ranah pidana atau tidak,” kata Boy kepada Pojoksatu, Senin (26/9/2016).

Menurut Boy, laporan kasus 2008 itu kemungkinan ada kendala dalam penyelidikan. Seperti dalam pengumpulan bukti-bukti.

“Bisa diingatkan kembali kepada penyidik melalui surat dengan tembusan atau langsung surati Kapolri, ‘Pak kenapa perkara saya mandek’. Kita kan terbuka sesuai program (Promoter) Pak Kapolri,” tegas Boy.

Mengenai gugatan Rp100 miliar oleh janda Maria kepada Kapolri, Boy menegaskan bahwa Polri sangat menghargai upaya tersebut.

“Ini negara hukum, berarti masyarakat sadar ada peluang yang bisa dilakukan. Biar pengadilan sendiri menilai selayaknya bisa dilakukan gugatan secara perdata,” kata Boy.

Boy menambahkan, sebenarnya ada langkah lain yang bisa ditempuh Maria yaitu melaporkan kinerja penyidik ke Bidang Propam. “Ya kalau penyelidikan mandek, lapor ke Propam atau praperadilan,” pungkas Boy. (fajar/pojoksatu)

Click to comment
To Top