Wahai Para Kandidat! Simak Nih 13 Kriteria Cagub DKI Pilihan Rakyat – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Pilkada

Wahai Para Kandidat! Simak Nih 13 Kriteria Cagub DKI Pilihan Rakyat

foto-selfie-cagub-dki-jakarta

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Riset Indonesia merumuskan 13 kriteria gubernur yang paling diinginkan masyarakat Jakarta, berdasarkan hasil analisis isi berita yang dimuat sejumlah media ternama sepanjang Januari hingga September.

Menurut Direktur Eksekutif ‎Riset Indonesia, Toto, bahwa ke-13 kriteria tersebut merupakan rumusan dari dimensi kinerja dan kepribadian kepala daerah yang diinginkan.

“Kriteria yang pertama, pro-rakyat. Persentasenya mencapai hingga 23.53 persen. Ini memperlihatkan masyarakat Jakarta ingin pemimpin yang dekat dengan rakyat, peduli, mau mendengar asporasi, mampu melayani rakyat dengan baik, merakyat dan sayang terharap rakyat,” ujar Toto saat merilis hasil analisis Riset Indonesia, Selasa (27/9).

Menurut Toto, sayang terhadap rakyat artinya pemimpin yang tidak pernah merendahkan, tidak pernah menyakiti dan tidak pernah merugikan rakyat kecil.

Kriteria selanjutnya, pemimpin yang mampu melakukan perbaikan ekonomi (11.76 persen), bersih (11.76 persen), santun (8.82 persen), mampu mengatasi permasalahan publik (5.88 persen) dan bekerja keras untuk rakyat (4.41 persen).

“Hasil analisis juga memperlihatkan kriteria pemimpin yang diinginkan masyarakat Jakarta adalah figur yang mampu menbangun dengan manusiawi (4.41 persen), tegas (4.41 persen), peduli pendidikan (2.94 persen) dan pengalaman dalam pemerintahan (2.94 persen),” ujar Toto.

Selanjutnya, masyarakat Jakarta juga menginginkan pemimpin yang mampu menjalankan kepemimpinannya dengan demokratis (2.94 persen) dan lain-lain.

Toto yakin, pemimpin yang mampu memperlihatkan ke-13 kriteria tersebut sangat berpeluang memenangkan kontestasi nantinya. Selain itu, karena jumlah pasangan calon dari segi alternatif juga cukup memadai, Toto yakin partisipasi publik dalam Pilkada DKI nantiny akan cukup tinggi.

“Kami memprediksi golput relatif rendah, berada di sekitar 15-30-an persen,” ujar Toto. (fajar/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top