Ini Cara Ampuh Hadapi Pasangan yang Selingkuh – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Gaya Hidup

Ini Cara Ampuh Hadapi Pasangan yang Selingkuh

ilustrasi-selingkuh

FAJAR.CO.ID – Dalam menjalin hubungan asmara, tentunya Anda pasti menginginkan hubungan itu berjalan baik-baik saja. Tapi, sangat jarang menemukan hubungan yang seperti itu, bahkan nyaris tak ada. Pertengkaran-pertengkaran dalam menjalani hubungan sudah pasti akan hadir, tapi bagi orang yang berpikiran dewasa menganggap itulah bumbu-bumbu asmara yang akan membuat hubungan Anda menjadi lebih matang untuk menuju ke jenjang yang lebih serius, PERNIKAHAN…

Tapi, bagaimanakan kalau pasangan Anda justru melakukan hal yang sangat fatal dalam sebuah hubungan? Hadirnya orang ketiga menjadi salah satu faktor suatu hubungan dapat berakhir dengan perpisahan. Namun, setiap masalah pasti ada jalan keluar tanpa harus ada yang dikorbankan dalam hal ini perasaan untuk menerima perpisahan. Termasuk menyelesaikan persoalan perselingkuhan.

Terlebih lagi jika Anda sangat mencintai pasangan Anda, tentunya Anda akan berpikir dua kali untuk mengakhiri suatu hubungan jika penyebabnya adalah perselingkuhan. Memang jika Anda mengetahui pasangan Anda selingkuh semuanya akan terasa hancur. Segala kenangan-kenangan manis yang pernah Anda jalani bersama seolah tak mampu untuk mengobati rasa kecewa akibat perselingkuhan.

Akan tetapi, mau tidak mau dan suka tidak suka, perselingkuhan menduduki peringkat pertama berakhirnya sebuah hubungan. Nah, apa yang harus Anda lakukan untuk bisa mempertahankan cinta Anda yang diakibatkan perselingkuhan? Simak penjelasan dibawah ini:

Konfirmasi ke Pasangan Anda

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengkonfirmasi perselingkuhan itu kepada pasangan Anda. Tetapi, sebelum bertanya Anda setidaknya harus sudah memiliki pegangan dan Anda telah memiliki cukup bukti pasangan Anda melakukan perselingkuhan. Jika tidak dilakukan konfirmasi, jangan sampai Anda salah mengambil tindakan yang akhirnya setelah Anda meninggalkan pasangan Anda tetapi pada kenyataannya pasangan Anda tidak berselingkuh.

Introspeksi Diri

Setelah melakukan konfirmasi kepada pasangan Anda, jangan langsung menghakimi pasangan Anda dengan membebankan semua kesalahan kepadanya. Kebanyakan orang langsung menyalahkan pasangannya. Padahal Anda sendiri terkadang tidak pernah ada untuk pasangan Anda, atau mungkin pasangan Anda merasa selalu terkekang selama menjalin hubungan dengan Anda. Ingat, saat Anda menyalahkan orang lain, Anda gagal memperbaiki diri sendiri.

Tapi yang harus dilakukan adalah introspeksi diri Anda apa yang menjadi penyebab hingga pasangan Anda melakukan perselingkuhan. Adakah keburukan atau kesalahan yang sudah ada lakukan terhadap pasangan Anda atau tidak. Jika pasangan Anda memiliki pribadi yang baik dan tidak memiliki sejarah selingkuh, maka bisa jadi semua permasalahan yang membuat pasangan Anda beralih kelain hati adalah dari Anda sendiri.

Berbagi dengan Pasangan Anda

Selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah meminta nasehat orang terdekat Anda. Misalnya, sahabat Anda yang memang bisa menjadi solusi dalam permasalahan Anda. Persoalan ini jangan Anda pendam sendiri, tetapi Anda harus mencoba berbagi dengan orang yang Anda percayakan dan bisa memberikan solusi.

Bisa jadi dengan curhat ke sahabat Anda bisa membantu Anda untuk berpikir lebih jernih untuk mengambil tindakan. Anda harus biarkan sahabat Anda yang berpikir untuk masalah Anda untuk meminta pendapat sahabat Anda. Tapi yang harus Anda ceritakan ke sahabat Anda kejadian yang sebenarnya, jangan ditambah maupun dikurangi.

Berkomunikasi dengan Pasangan Anda

Setelah langkah diatas Anda sudah jalani. Maka langkah selanjutnya adalah mengajak pasangan Anda membicarakan persoalan tersebut dengan baik-baik. Bila perlu, ajak ketempat yang romantis agar hasilnya bisa baik untuk hubungan Anda. Tapi Anda juga jangan lupa membawa bukti jika benar pasangan Anda melakukan perselingkuhan, agar tidak lagi terjadi perdebatan.

Jika Anda ingin hubungan Anda bertahan maka bicarakan dengan sebaik-baiknya. Berusaha tidak ada pertengkaran dalam komunikasi ini. Bila perlu bertanya dengan sedikit bercanda agar tidak terjadi ketegangan. Jika benar pasangan Anda selingkuh maka Anda harus bertanya kenapa pasangan Anda melakukan hal itu, apakah ada hal yang menjadi penyebab dari diri Anda ataukah ada persoalan yang lain.

Luapkan kekecewaan Anda tanpa dengan emosi yang menggebu-gebu, tanpa dengan nada suara yang tinggi. Karena dalam tahap ini justru terkadang emosi tak dapat ditahan, hingga bisa mengakibatkan berakhirnya hubungan Anda.

Mencari Solusi Akhir

Setelah mendengar semua penjelasan pasangan Anda, maka keputusan akhir ada di tangan Anda sebagai pihak yang diselingkuhi. Jika Anda masih menginginkan hubungan kalian lanjut, maka tuntut solusi dan pembaruan komitmen darinya.

Katakan kepada pasangan Anda bahwa Anda tidak akan pernah mentolerir tindakan yang sama di masa depan dan ini adalah kesempatan yang terakhir kalinya untuk menjadi pelajaran penting dalma hubungan Anda.

Jika semua sudah disepakati, jalani lagi hubungan kalian dengan pelajaran berharga yang kalian berdua dapatkan. Di masa depan, tidak perlu mengungkit-ungkin masalah ini lagi, karena bila Anda tidak mampu memaafkannya, kenapa repot-repot kembali menyatu?

Di sisi lain, jika Anda tidak bisa menerimanya, atau perselingkuhan ini bukan yang pertama kalinya, silahkan akhiri hubungan tesebut dengan dewasa. Ucapkan terima kasih padanya karena sudah mengajarkan Anda satu pelajaran berharga tentang kesetiaan.

Jabat tangannya dengan kalem dan dewasa, untuk pengingat baginya bahwa dia telah menyia-nyiakan pribadi spesial yang begitu tenang dan dewasa menghadapi masalah. Beri dia senyum terakhir yang paling manis, agar dia makin galau memikirkan apakah semua perselingkuhan ini nilainya sepadan dengan kehilangan Anda untuk selama-lamanya.

Lalu pulanglah sebagai dua orang yang kembali terasing dan bersyukurlah Anda mengetahui kualitasnya sekarang, bukan lima tahun setelah menikah.

loading...
Click to comment
To Top