Fahri Setuju Setnov Direhabilitasi – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Politik

Fahri Setuju Setnov Direhabilitasi

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah menyambut baik Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) yang akan memulihkan nama baik mantan Ketua DPR Setya Novanto (Setnov) atas kasus perpanjangan kontrak karya PT Freeport Indonesia.

Menurutnya, rekaman terkait dugaan Setya Novanto mencatut nama Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk meminta saham PT Freeport Indonesia adalah ilegal.

“Keputusan MKD untuk rehabiltasi nama Setya Novanto adalah benar,” ujar Fahri di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (29/9).

Fahri menambahkan, dalam kasus tersebut nama Setya Novanto telah hancur karena dituduh ingin mendapatkan sebagian saham pada PT Freeport Indonesia. Karenanya dia menduga rekaman tersebut sengaja untuk menyingkirkan Setya Novanto dari jabatan Ketua DPR.

“Ini untuk kepentingan menyingkirkan Pak Novanto,” katanya.

Sebelumnya, anggota MKD DPR Sarifuddin Sudding mengatakan pihaknya akan menerbitkan surat pemulihan nama baik mantan Ketua DPR Setya Novanto atas kasus kontrak karya PT Freeport Indonesia.

Sekadar informasi, kasus yang bergulir panas di MKD pada akhir 2015 lalu itu akibat pengaduan mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said ke MKD dengan tuduhan Setya Novanto telah mencatut nama Presiden Jokowi untuk mendapatkan sebagian saham dari kontrak karya PT Freeport Indonesia.

Setelah itu Novanto pun melawan meski akhirnya mengundurkan diri dari jabatan Ketua DPR.

Lantas, Setya Novanto mengajukan upaya peninjauan kembali (PK) di MK terhadap putusan MKD sebelumnya. Upaya PK itu diajukan Novanto secara tertulis pada 19 September 2016 lalu, yang akhirnya dikabulkan oleh MK jika rekaman tersebut tidak cukup bukti untuk dilajutkan ke proses hukum. (fajar/JPG)

Click to comment
To Top