Ini Aksi Diplomat Cantik Nara Masista Saat Gemparkan Sidang PBB di New York – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Ini Aksi Diplomat Cantik Nara Masista Saat Gemparkan Sidang PBB di New York

FAJAR.CO.ID JAKARTA –  Sidang majelis umum Persatuan Bangsa Bangsa (PBB) di New York, Amerika Serikat tiba-tiba digemparkan dengan munculnya nama Nara Masista Rakhmatia.

Si Cantik yang biasa disapa Nara itu mendadak menjadi sorotan berbagai media internasional.

Hal ini lantaran Nara yang merupakan seorang diplomat muda itu mampu membalas dengan tegas pidato para kepala pemerintahan negara-negara Kepulauan Pasifik yang juga ikut hadir di Majelis Umum PBB.

Sebagaimana dilansir ABC News, Perdana Menteri Kepulauan Solomon, Manasseh Sogavare, mengatakan adanya dugaan pelanggaran hak asasi manusia di beberapa provinsi Indonesia yang terkait dengan dorongan kemerdekaan.

Tidak tinggal diam, Nara langsung merespon kritik tersebut dengan lebih keras. Alumni FISIP Universitas Indonesia ini, langsung menegaskan, bahwa kritik tersebut bermotif politik dan sudah didesain untuk mengalihkan perhatian dari masalah-masalah yang terjadi di negara-negara mereka sendiri.

“Penyampaian yang bermotif politik tersebut telah didesain untuk mendukung kelompok-kelompok separatis di provinsi-provinsi tersebut, yang secara konsisten telah terlibat dalam menghasut kekacauan publik serta dalam serangan teroris bersenjata,” katanya dalam sidang Majelis Umum PBB.

Nara ternyata masih cukup muda. Usianya akan genap 34 tahun Desember nanti. Diplomat muda yang tak hanya cantik tapi juga cerdas ini ternyata alumni SMA 70 Jakarta. Nara lulus dari jurusan Hubungan Internasional dan lulus di tahun 2002.

Nara juga pernah menjadi peneliti di CERIC (Center for Research on Inter-group Relations and Conflict Resolution) dan Center for East Asia Cooperation Studies.

Nara Masista Rakhmatia kemudian melanjutkan studinya di University of St. Andrews pada tahun 2009-2010 dan kemudian di Georgetown University pada tahun 2012.

Sebelum bekerja di Kementerian Luar Negeri, yang dimulai sejak 2014, Nara sempat mengabdi di almamaternya, Jurusan Hubungan Internasional Universitas Indonesia, sebagai asisten peneliti (2006-2007) dan asisten dosen (2005-2006).

loading...
Click to comment
To Top