Begini Tahapan Test Jadi Anggota KPU dan Bawaslu – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Nasional

Begini Tahapan Test Jadi Anggota KPU dan Bawaslu

KPU

FAJAR.CO.ID JAKARTA – Proses seleksi calon anggota KPU-Bawaslu akan dibagi menjadi tiga tahapan.

Masing-masing, tahap pendaftaran. Kemudian tahap pengujian tertulis dan tes pemeriksaan kesehatan hingga psikologi.

Serta tahap pemeriksaan kesehatan lanjutan, test dinamika kelompok dan tes wawancara.

Menurut Anggota Tim Seleksi, Betti Alisjahbana, tahap pendaftaran, dibuka sejak 25 September hingga 3 November mendatang.

Dirinya berharap selama periode pendaftaran ini, informasi tersebar luas dan mendapatkan calon terbaik.

“Tantangan anggota KPU dan Bawaslu jauh lebih besar dengan adanya pilkada serentak. Sehingga butuh kandidat baik,” ujar Betti di Kemendagri, Jumat (30/9).

Terhadap berkas pendaftaran, timsel kata Betti, nantinya melakukan penelitian administrasi pada 15 November hingga 22 November.

Kemudian mengumumkan hasil penelitian administrasi pada 25 November mendatang.

Setelah itu, tahap kedua dimulai. Untuk para calon yang memenuhi syarat administrasi, selanjutnya akan mengikuti tes tertulis pada 6 Desember.

Kemudian dilanjut dengan tes kesehatan pada 7-10 Desember dan tes psikologi pada 7-10 Desember.

Sistem pararel ini kata dia, untuk mengantisipasi peserta yang datang dari luar Jakarta. Supaya biaya tidak terlalu tinggi.

“Untuk nama yang lolos seleksi administrasi, kami minta masukan masyarakat. Ini untuk integritas dan independensi. Bisa lewat email setimsel2016@gmail.com (mulai 25 November–16 Desember),”  ujar Betti.

Masyarakat juga bisa surat ke alamat sekretariat pansel KPU dan Bawaslu. “Pengumuman tahap 2 itu 16 Desesember,” imbuhnya.

Tahap ketiga kata Betti, dimulai 16 Januari mendatang. Meliputi pemeriksaan kesehatan lanjutan.
Kemudian uji dinamika kelompok. Langkah ini penting, karena nantinya baik anggota KPU maupun Bawaslu, akan bekerja secara berkelompok,” paparnya.

Setelah itu para calon menjalani test wawancara pada 20-21 Januari untuk calon anggota Bawaslu dan 23-25 Januari untuk calon anggota KPU.

“Lalu minta masukan dan tanggapan dari masyarakat lagi pada 17 Desesember–25 Jauari. Kemudian pada 30 Januari, hasilnya kami serahkan kepada presiden, ada 14 nama calon KPU dan 10 calon anggota Bawaslu,” ujar Betti. (Fajar/Jpnn)

loading...
Click to comment
To Top