Jelang MEA, LLP-KUKM Dukung Gebyar UKM Indonesia 2016 – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ekonomi & Bisnis

Jelang MEA, LLP-KUKM Dukung Gebyar UKM Indonesia 2016

lpp-ukm

FAJAR.CO.ID JAKARTA – Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (LLP-KUKM) Kementerian Koperasi dan UKM semakin gencar mempromosikan dan memasarkan produk kreatif dari mitra UKM.

Salah satunya dengan menghadirkan berbagai macam program yang inovatif dan tepat guna bagi UKM.

Di antaranya adalah acara Gebyar UKM Indonesia 2016 bertajuk Membangun Kewirausahaan Lokal yang dibuka di Galeri Indonesia WOW SMESCO RumahKU hari ini  (29/9).

“Kegiatan ini sebagai bentuk untuk meningkatkan mutu atau kualitas UKM di Indonesia,” ujar Direktur Utama LLP-KUKM Kemenkop dan UKM Ahmad Zabadi.

Acara Gebyar UKM ini diselenggarakan di 18 kota besar di Indonesia. Selain itu, bakal menghadirkan tiga agenda utama pada setiap kegiatannya. Yaitu, seminar, kurasi produk, dan pameran.

Setelah Jakarta, Gebyar UKM akan kembali digelar di 17 kota besar lainnya. Yaitu, Medan, Solo, Palembang, Balikpapan, Makassar, Pekanbaru, Surabaya, Bandung, Manado, Pontianak, Jogjakarta, Semarang, Banda Aceh, Padang, Banjarmasin, Jayapura, dan ditutup di Bali.

“Program Kurasi Produk ini penting bagi UKM, nanti akan dipilih oleh Staf Khusus Kementerian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, Samuel Wattimena,” kata Zabadi.

Zabadi menambahkan, produk yang lulus tahap kurasi akan mendapatkan berbagai benefit. Salah satunya, adalah tempat berpromosi di Galeri Indonesia WOW.

Menurut Zabadi, pada edisi perdana ini, selain berkolaborasi dengan Kementerian Koperasi dan UKM serta MarkPlus, Inc. juga bekerja sama dengan berbagai pihak.

Seperti International Council for Small Business (ICSB) Indonesia, Bank BCA, BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, Lazada, dan pihak-pihak lainnya.

“Ini sekaligus menjadi tolok ukur bagi UKM mitra LLP-KUKM untuk mengembangkan promosi dan pemasarannya menjelang Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA),” tegasnya.

Sementara itu, President Asia Council for Small Business Hermawan Kartajaya mengatakan, acara tersebut diperuntukkan bagi pelaku UKM agar bisa bertahan di era MEA.

“Banyak hal yang diperlukan oleh UKM seperti produk bagus, pelayanan baik, kualitas, dan kontinuitas yang terjaga,” jelas Hermawan.

Dia menambahkan, mentalitas dan manajemen yang baik juga sangat penting bagi UKM untuk tetap maju pada derasnya persaingan MEA.

loading...
Click to comment
To Top