Bagi yang Mau Jadi Penyidik KPK, Cek Disini – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Bagi yang Mau Jadi Penyidik KPK, Cek Disini

FAJAR.CO.ID JAKARTA – Bagi anak muda lulusan strata satu 2013, 2014, 2015 dan 2016 maksimal berusia 28 tahun yang berkomitmen memberantas korupsi diminta untuk segera bergabung dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Saat ini KPK mencari 400 pegawai baru untuk posisi spesialis muda 1,” kata Sekretaris Jenderal KPK Raden Bimo Gunung Abdul Kadir di kantornya, Senin (3/10).

Lulusan S1 boleh dari semua jurusan. Namun, diutamakan dari jurusan hukum, akuntansi, manajemen, psikologi, ilmu pendidikan, statistik, dan manajemen informatika.

Kemudian, ilmu komputer, sistem informasi dan teknik komputer, telekomunikasi, hubungan internasional, sastra Inggis, pertanian, pertambangan, kehutanan, pariwisata dan perhotelan, komunikasi, broadcasting, desain komunikasi visual, sosiologi serta antropologi.

Akreditasi jurusan minimal B. Untuk indek prestasi kumulatif kampus negeri minimal 2,75 sedangkan swasta 3,00.

“Diutamakan menguasai bahasa asing dan bahasa daerah, serta berpengalaman organisasi,” katanya.

Bimo menjelaskan, semua proses tidak dikenakan biaya apa pun. Bagi siapa yang menemukan adanya pihak yang menjanjikan sesuatu kepada pelamar, silakan lapor KPK.

Selain itu, juga ditegaskan bagi siapapun pelamar yang menghubungi pihak-pihak di KPK akan dicoret.

Bimo juga menegaskan, syarat lain ialah pelamar tidak memiliki hubungan keluarga dengan KPK maupun tersangka, terdakwa dan terpidana korupsi.

Pelaksana Tugas Kepala Biro Sumber Daya Manusia KPK Syarif Hidayat mengatakan, nantinya para peserta yang lolos akan diarahkan untuk menjadi penyelidik maupun penyidik independen KPK.

Mereka akan dilatih selama beberapa tahun. “Alokasi untuk Indonesia memanggil itu lebih untuk ke penyelidik,” katanya. (Fajar/Jpnn)

loading...
Click to comment
To Top