Polling: Ahok-Djarot di Bawah Agus-Sylviana – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Jabodetabek

Polling: Ahok-Djarot di Bawah Agus-Sylviana

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Ketiga pasangan calon Gubernur DKI Jakarta bersaing ketat. Hal ini diungkapkan lewat polling yang dilakukan oleh Koalisi Rakyat Pemerhati Jakarta Baru (Katar). 

Anies-Sandiaga memperoleh dukungan 33,59 persen dan Agus-Sylviana dengan 31,3 persen, sementara Ahok-Djarot dengan 30,5 persen dukungan.

“Gambaran umum dari polling ini, pilgub DKI 2017 akan berlangsung dua putaran. Tiga pasangan calon bersaing ketat, punya peluang yang sama masuk putaran dua,” terang Ketua Katar, Sugiyanto Emik, kepada redaksi sesaat lalu (Senin (3/10).

Polling dilakukan dengan metode jejak pendapat melalui aplikasi pesan instan WhatsApp pada 25-30 September 2016. Polling melibatkan 500 responden. Dari hasil polling juga tergambar angka golput yang cukup rendah, yakni 1,5 persen.

Yang menarik, kata dia, sebanyak 3 persen responden menyatakan tidak akan memilih Ahok tapi belum memutuskan memilih Anies atau Agus. Mereka masih memantau apakah Anies atau Sandiaga yang harus dipilih.

“Keputusan kelompok ini tergantung strategi kampanye Anies dan Agus,” imbuh Sgy, demikian Sugiyanto disapa.

Ketika ditanyakan alasan memilih Anies-Sandiaga, responden memberikan jawaban yang lebih beragam ketimbang Agus dan Ahok. Responden antara lain menyebut Anies-Sandiaga berdedikasi, muslim, santun, kredibel, kapabel, visioner, dapat mensejahterakan masyarakat, kompeten, amanah, merakyat, dan cerdas. Sementara alasan memilih Agus-Sylviana yakni antara lain muda, santun, muslim, ganteng dan disiplin.

“Kelebihan Anies dan Agus lebih dominan. Ahok selama ini jualan sebagai figur jujur, tegas, berani, anti korupsi. Tapi citra demikian juga melekat dengan sosok Anies dan Agus. Makanya warning keras jika Ahok jualan dengan tetap mengandalkan isu-isu lama,” tukasnya.(Rmol/fajar)

 
 
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top