Wow.. Populasi Janda Melonjak Drastis, Ternyata Bisnis Ini Penyebabnya – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Daerah

Wow.. Populasi Janda Melonjak Drastis, Ternyata Bisnis Ini Penyebabnya

FAJAR.CO.ID SAMARINDA – Populasi janda 2015-2016 tiba-tiba melonjak drastis. Fenomena ini salahsatunya dipicu bisnis batu bara sedang lesu.

Menurunya harga batu bara, dampakanya bukan hanya melonjaknya angka pemutusan hubungan kerja (PHK), tapi juga memicu angka perceraian.

Kepala Bidang Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) Kaltim Hj Hardiana Muryani menyampaikan, angka PHK di Kaltim kedua tertinggi di Indonesia.

Hingga pertengahan 2016 tercatat jumlah karyawan yang kena PHK sebanyak 11 ribu orang lebih.

“PHK ini kemudian diikuti dengan banyaknya wanita yang menggugat cerai suaminya,” katanya.

Sepanjang 2016 ini, angka perceraian di Kaltim tercatat sebanyak 8 ribu pasangan. Dampak terbesar dari PHK dan perceraian itu adalah pada anak.

Karena itu, menurut Hardiana, para orang tua harus berpikir lebih matang sebelum memutuskan berpisah, demi masa depan buah hatinya.

Tak sedikit, anak-anak yang kemudian ditemukan bermasalah. Penyebab awalnya adalah ketahanan keluarga yang rapuh karena orang tua bercerai.

“Akibatnya, anak kekurangan kasih sayang. Narkoba, seks bebas, tawuran dan semua perilaku negatif itu, di antaranya bisa dihindari dengan kasih sayang yang utuh dari orang tuanya,” ujarnya.

Sebab, ketika di rumah nyaman, anak tentu tidak lagi akan keluyuran di luar dan melakukan hal negatif. (Fajar/jpnn)

Click to comment
To Top