Terungkap! Ini Maksud Kakak Saipul Jamil Pilih Bertha Jadi Pengacara – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Hiburan

Terungkap! Ini Maksud Kakak Saipul Jamil Pilih Bertha Jadi Pengacara

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Kakak dari penyanyi dangdut Saipul Jamil, Samsul Hidayatullah bersaksi di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (3/10) petang dalam perkara suap ke panitera Pengadilan Jakarta Utara (PN Jakut) Rohadi.

Pada persidangan itu Samsul mengaku memilih Berthanatalia Ruruk Kariman sebagai pengacara bagi Saipul. Pertimbangannya karena Bertha memiliki suami hakim.

Samsul merasa yakin karena Bertha mengaku bisa mengondisikan perkara Saipul sebagai terdakwa pencabulan terhadap bocah di bawah umur yang disidangkan di PN Jakut.

“Suaminya juga hakim. Oh ya udah saya yakin dengan Bu Bertha di pengadilan,” kata Samsul. “Dia punya kemampuan mengondisikan.”

Setelah persidangan atas Saipul di PN Jakut berjalan, Samsul mengaku memercayakan uang sebesar Rp 560 juta ke Bertha. Menurut Samsul, uang itu ditarik dari rekening milik Saipul di BNI Syariah.

Ketua Majelis Hakim Sumpeno lantas menanyakan peruntukan uang Rp 560 juta dari rekening Saipul itu. “Itu pengertian anda buat siapa?” tanya Sumpeno.

Samsul pun tangkas menjawab. “Untuk transpor Bu Bertha,” jawabnya.

Berthanatalia merupakan istri Karel Tuppu, hakim di Pengadilan Tinggi Jawa Barat. Karel pun mengaku pernah berkomunikasi dengan Bertha untuk membicarakan perkara Saipul Jamil.

Namun, Karel menepis anggapan ikut mencampuri perkara Saipul yang disidangkan di PN Jakut. Karel mengklaim komunikasinya dengan Bertha sekadar obrolan suami-istri.

“Hanya obrolan suami-istri saja. Saya tidak pernah dalam pikiran saya mau mencampuri perkara. Enggak pernah saya ngomongin materi perkara, putusan. Hanya itu aja,” ujar Karel yang juga mantan hakim PN Jakut.

Dalam perkara ini, JPU mendakwa Rohadi menerima uang sebesar Rp 50 juta dari Samsul, Bertha dan Kasman Sangaji. Uang itu sebagai suap untuk membantu pengurusan penunjukan majelis hakim perkara pencabulan Saipul di PN Jakut.

Selain itu, Rohadi didakwa menerima uang sebesar Rp 250 juta. Uang itu diberikan sebagai perantara ke Hakim Ifa Sudewi agar menjatuhkan vonis seringan-ringannya untuk Saipul.(put/jpg)

Click to comment
To Top