Google Dicurigai Main Mata dengan Tim Ahok – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Jabodetabek

Google Dicurigai Main Mata dengan Tim Ahok

dompet-bersih-karena-ahok

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Praktisi teknologi informasi, Ichwan Saychu menduga ada permainan Google dengan tim sukses Basuki T Purnama alias Ahok.

Dugaan itu muncul seiring adanya koreksi otomatis jika mengetikkan frasa ‘kali bersih karena’ di situs pencarian Google. Sebab, Google selalu mengoreksi pencarian menjadi ‘kali bersih karena Ahok’.

“Saya duga terjadi manipulasi oleh pihak Google karena ada pesanan dari kubu Ahok. Kenapa cuma kalau kita klik kali bersih karena Foke saja yang berubah menjadi kali bersih karena Ahok?” kata Ichwan di Jakarta, Rabu (5/10).

Ichwan menambahkan, bahkan ketika diketikkan kalimat ‘kali bersih karena Udin’ maka Google tetap menyarankan penggunanya dengan kalimat ‘kali bersih karena Ahok’. Hal itu juga terjadi ketika pengguna Google mengetikkan kalimat ‘gigi bersih karena…’ maka yang keluar tetap saran agar memilih ‘gigi bersih karena Ahok’.

Ichwan menduga hal itu muncul ketika calon gubernur DKI, Anies Baswedan menyebut program pembersihan kali di ibu kota sebenarnya sudah sejak era Fauzi Bowo alias Foke. Pernyataan Anies itulah yang memicu derasnya pencarian di Google tentang program kali bersih.

“Artinya, pada saat ramai diberitakan itu maka banyak orang mencari berita kali bersih karena Foke dan trennya akan berubah seperti yang bisa dilihat di Google Analytics. Harusnya Google memberikan suggest ‘kali bersih karena Foke’,” jelasnya.

Tapi sampai hari ini, ujar Ichwan, tetap saja Google menyodorkan saran ‘kali bersih karena Ahok’. Hal itu tentu memicu kecurigaan.

“Jika Google jujur, seharusnya tidak terjadi dan justru yang terjadi sebaliknya. Dari fakta-fakta ini maka sangat mungkin Google bermain dengan timnya Ahok,” pungkasnya. (Fajar/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top