Elektabilitas Jagonya Menurun, Novanto: Ahok Mulai Membiasakan Bicara Halus – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Pilkada

Elektabilitas Jagonya Menurun, Novanto: Ahok Mulai Membiasakan Bicara Halus

setya-novanto-disela-sela-acara-munaslub

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto optimis  petahana Gubernur DKI Jakarta Basuki Yjahaja Purnama (Ahok) akan mampu menaikkan kembali elektabilitasnya.

Ini dikatakannya setelah merujuk dari hasil riset terkait Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta 2017 yang diadakan oleh Lingkaran Survei Indonesia (LSI), Selasa (4/10).

“(Elektabilitas) turun tidak terlalu signifikan masih punya kesempatan,” ujar Novanto di DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta, Kamis (6/10).

Mantan Ketua DPR tersebut juga mengungkapkan bahwa kini  prilaku dan tutur kata mantan Bupati Belitung Timur tersebut jauh lebih santun dari sebelumnya. 

Oleh sebab itu, Novanto yakin perubahan sikap Ahok akan mampu menaikan elektabilitasnya.

“Ahok sudah mulai membiasakan untuk bisa bicara lebih halus,” katanya.

Sebelumnya, LSI melakukan kajian terkait Pilkada DKI Jakarta 2017. Dari hasil survei LSI menyimpulkan jika pasangan calon Gubernur DKI Jakarta Ahok dan Djarot Syaiful Hidayat tetap kuat, namun popularitasnya terus menurun.

Peneliti LSI Adjie Alfaraby mengatakan, berdasarkan pada survei Maret 2016 elektabilitas Ahok masih mencapai 59,3 persen. Namun pada pada survei bulan  Oktober 2016 elektabilitas Ahok turun menjadi 31,4 persen.

Selain elektabilitas, daya tarik Ahok di mata warga Jakarta ikut-ikutan merosot. Dijelaskan Adjie, dari hasil survei Maret 2016, kesukaan masyarakat Jakarta terhadap gaya kepemimpinan Ahok mencapai 71,3 persen. 

Tapi pada survei Oktober 2016 tingkat kesukaan masyarakat terhadap Ahok merosot menjadi 58,2 persen.

Meski demikian, Ahok tetap unggul dari kandidat yang ada sekarang. Dalam survei yang sama, elektabilitas dua calon pesaing Ahok, Agus Harimurti Yudhoyono mencapai 22,30 persen dan Anies Baswedan mencapai 20,20 persen. (Fajar/JPG)

loading...
Click to comment
To Top