Mau Jadi Sekda Pangkep? Ini Syaratnya… – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Daerah

Mau Jadi Sekda Pangkep? Ini Syaratnya…

dsc_7082

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Bukan hal mudah menjadi calon Sekretaris Daerah (Sekda) di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep). Pasalnya, Bupati Pangkep H Syamsuddin A Hamid SE mencari figur yang berani menyelesaikan persoalan birokrasi khususnya terkait masalah kedisiplinan.

“Iya saya mau cari figur yang mampu mengayomi pegawai negeri sipil (PNS), bertindak tegas kepada mereka yang malas melaksanakan tugas dan fungsinya dan mampu memberikan inovasi bagi pembangunan,” katanya usai menjadi narasumber dalam diskusi bertaraf internasional di Hotel JS Luwansa, Jakarta Selatan.

Saat disinggung mengenai kapasitas setiap calon, Syamsuddin tak meragukan siapapun nantinya yang akan maju dalam pencalonan dan terpilih.

“Intinya itu loyalitas terhadap pimpinan akan menjadi pertimbangan tersendiri, dan paling utama mampu menindak PNS malas sesuai dengan aturan kepegawaian yang berlaku. Bukan hanya itu,  Sekda terpilih harus bisa kompak dengan kepala daerah dan harus sejalan dengan visi serta misi kami,” ungkapnya.

Penunjukan seorang sekda itu butuh waktu tidak bisa satu atau dua hari, karena sebelum ditetapkan calon harus mendapatkan persetujuan gubernur. Olehnya itu, maksimal tiga nama yang akan kita sodorkan untuk jadi pertimbangan.

Selain syarat itu, Sekda juga harus bisa memahami konstalasi dan dinamika politik yang terjadi. Sebab, Sekda merupakan ketua tim anggaran ekseskutif. Di mana dalam melakukan pembahasan soal APBD dilakukan bersama-sama dengan tim anggaran legislative. (Fajar/ade)

loading...
Click to comment
To Top