Pangkep Bakal Miliki Truk Sampah Seharga Rp1,6 Miliar – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Daerah

Pangkep Bakal Miliki Truk Sampah Seharga Rp1,6 Miliar

truk-seharga-rp-16-miliar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Pemerintah Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) berencana membeli satu unit mobil truk sampah seharga Rp 1,6 Miliar.

Anggaran yang akan dialokasikan melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) TA 2017, diharapkan mampu meningkatkan kuantitas pengangkutan sampah dari masyarakat maupun pusat perbelanjaan di wilayah perkotaan ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA). 
Hal itu diungkapkan, Bupati Pangkep H Syamsuddin A Hamid SE saat melihat secara langsung pengoperasian truk compactor atau truk dengan mesin pengepres sampah, milik Dinas Kebersihan Ibukota Jakarta,kemarin. 
"Saya tertarik dan ingin memiliki satu unit truk semacam ini, insa allah tahun 2017 sudah dianggarkan," katanya. 
Truk model kapsul ini, kata Syamsuddin memiliki tangki penampung limbah buangan agar tidak sampai berjatuhan ke jalan selama menuju TPA. Bukan hanya itu, bak truknya juga tertutup menggunakan pelat, sehingga tidak menimbulkan bau sampah saat melintas di jalan raya. Dan paling penting adalah daya tampungnya juga lebih besar.
Salah seorang operator Truk Compactor dari Dinas Kebersihan DKI Jakarta, Sumarno menjelaskan, dengan menggunakan truk ini dapat menampung sampah lebih banyak dibandingkan truk biasa. 
Untuk pengoperasian truk angkutan sampah ini dioperasikan khususnya di kawasan-kawasan strategis di Ibu Kota. Dengan kendaraan ini, lebih sopan jika beroperasi karena tidak lagi harus pakai terpal. 
“Selain itu, truk compactor juga dianggap lebih ramah lingkungan lantaran desain karoserinyaa model tertutup yang dilengkapi sistem hidrolis untuk proses memasukkan sampah ke dalam bak," jelasnya.(Fajar/ade)
loading...
Click to comment
To Top