Agar Tidak Sembarang Ngomong, Ahok Disarankan Pakai Jubir Handal – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Jabodetabek

Agar Tidak Sembarang Ngomong, Ahok Disarankan Pakai Jubir Handal

ahok1

FAJAR.CO.ID, Ucapan Ahok dihadapan warga pulau seribu yang tersebar di media sosial, dinilai menistakan kitab suci ummat islam, Alquran. untuk itu, Ahok disarankan memiliki juru bicara (jubir)  yang profesional.

“Akibat ucapannya itu, Ahok pun menghadapi persoalan serius. Bahkan sudah ada yang membawa ke ranah proses hukum,” kata Emrus melalui siaran elektroniknya, Jumat (7/10).

Emrus menilai, selama dua tahun terakhir ini, titik terlemah dari semua perilaku Ahok sebagai pejabat publik dan kandidar cagub adalah pada tindakan komunikasinya di ruang publik.

Menurut Emrus, memang harus diakui, bahwa tidak ada manusia yang sempurna, termasuk Ahok sendiri. Namun yang terpenting adalah menyadari kekurangan tersebut dengan meminta pemikiran dan masukan dari manusia lain, maka kelemahan tersebut dapat dikelola dengan baik sehingga kekurangan itu dapat di atasi.

Dalam perjalanan sejarah kehidupan manusia di manapun, komunikasi atara manusia dalam semua konteks kehidupan sosial (politik, ekonomi, budaya, religius, keluarga, bertetangga, dan sebagainya) sangat substansial. Sebab, dengan komunikasi bisa menciptakan realitas sosial kebangsaan, kebersamaan,  damai, produktif, saling mendukung, persaingan sehat dalam pilgub dan  sebagainya.

Sebaliknya, komunikasi yang salah kelola bisa menimbulkan konflik sosial (horizontal maupun vertikal), perang saudara, disintegrasi bangsa, ekslusivisme etnis tertentu, konflik Pilkada, perceraian di keluarga, dan sebagainya.

Hal tersebut terjadi karena dalam proses komunikasi terjadi pertukaran simbol verbal maupun non verbal untuk mengkonstruksi makna karena simbol tak bermakna tetapi manusia yang memberi makna terhadap simbol.

Makna tersebut mendorong perilaku yang membetuk kebiasaan yang pada akhirnya menimbulkan kesepakatan nilai-nilai objektivasi sebagai dasar perilaku kolektif.

Perilaku kolektif bisa konstruktif, bisa juga destruktif. Itulah, betapa komunikasi perlu dikelola dan dijaga secara profesional yang berbasis pada kaidah dan prinsip keilmuan komunikasi.

“Oleh karena itu dan merujuk pada titik lemah Ahok, sudah mendesak Ahok membutuhkan tim komunikasi  yang profesional dan handal untuk mendampingi dirinya sebagai gubernur maupun sebagi cagub. Salah satu tugas dari tim komunikasi ini adalah juru bicara,” pungkas Emrus. (fajar/rmol)

loading...
Click to comment
To Top