Lembaga Survey Diminta Jangan Berpihak di Pilgub DKI – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Pilkada

Lembaga Survey Diminta Jangan Berpihak di Pilgub DKI

Arief Budiman

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat Arief Budiman mengimbau kepada semua lembaga survei agar menjaga integritas dan netral dalam merilis hasil kerjanya.

“Penting yang harus dilakukan oleh lembaga survei menjaga prinsip-prinsip fairness,” ujar Arief di Warung Daun Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (8/10).

Dalam aturannya, kata dia, setiap lembaga survei melalui rilisnya, tidak boleh menguntungkan salah satu kandidat di Pilkada khususnya di DKI Jakarta.

“Karena dia (lembaga survei) harus menunjukkan fakta. Menyampaikan fakta-fakta berdasarkan hasil survei,” tukasnya.

Begitu juga dengan peran media, lanjut dia, agar tidak terburu-buru mengklaim salah satu calon yang menang hanya berdasarkan rilis yang disebarkan lembaga survei.

Adapun menurut Arief, rilis survei dan peran media merupakan upaya pemerintah dalam memberikan pendidikan politik dan meningkatkan partisipasi masyarakat di pemilu.

Karenanya, ia berharap agar semua pihak yang terlibat langsung dengan Pilkada DKI, seyogianya merupakan lembaga yang kredibel dan hasilnya dapat dipertanggungjawabkan.

“Saya meyakini pilkada bisa berlangsung dengan baik. Dengan tersedianya media dan lembaga survei yang terbaik,” pungkasnya. (Fajar/JPG)

loading...
Click to comment
To Top