PNS di Daerah Ini Diwajibkan Beli Beras Petani Lokal – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ekonomi & Bisnis

PNS di Daerah Ini Diwajibkan Beli Beras Petani Lokal

FAJAR.CO.ID, SAMPIT – Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur bakal mewajibkan semua PNS membeli beras lokal. Rencananya, program tersebut akan di-launching pada 28 Oktober nanti. Kebijakan tersebut ditempuk untuk menyerap beras hasil dari petani lokal di Kabupaten Kotawaringin Timur yang melimpah.

“Produksi beras kita surplus hingga 2000-3000 ton, sehingga harganya sempat turun. Oleh karena itu, Pak Bupati menginstruksikan agar ASN  membeli beras dari petani-petani lokal,” papar Kepala Dinas Pertanian Peternakan Penyuluhan dan Ketahanan Pangan (DP3KP) Kotim I Made Dikantara seperti dilansir Radar Sampit, Jumat (7/11).

Dirinya mengharapkan, program tersebut dapat berjalan dengan lancar. “Dengan penerapan program tersebut, penyerapan beras lokal bisa maksimal. Artinya dari kita bisa untuk kita dulu,” tambahnya.

Menurut Made, saat ini Kotim menjadi kabupaten urutan keempat di Kalteng untuk jumlah produksi beras. Kotim hanya kalah dari Kapuas, Pulang Pisau dan Katingan.

Untuk semakin memaksimalkan serapan beras lokal, pemerintah juga menggandeng Perum Bulog. Saat ini, Bulog sudah menyerap 150 ton beras petani lokal. Hingga saat ini, kebutuhan beras untuk masyarakat Kotim sekitar 52 ribu ton.

“Setelah ini, mengikuti dari program dari pusat, target kami selanjutnya adalah menanam pajalele (padi, jagung dan kedelai),” tandas I Made. (Fajar/jpnn)

Click to comment
To Top