Survei LSI: Ahok Potensi Kalah – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Jabodetabek

Survei LSI: Ahok Potensi Kalah

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Lingkaran Survei Indonesia (LSI) sudah merilis hasil survei terkait pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur pada Pilkada 2017.

Hasilnya, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang merupakan calon petahana mengalami penurunan elektabilitas.

Peneliti LSI Adjie Alfaraby men‎gatakan, hasil survei yang dirilis LSI sempat menjadi pembicaraan banyak pihak. Salah satunya karena Ahok berpotensi ditumbangkan.

“Kenapa ramai? Karena narasi beda yang muncul ke publik. Karena pertamanya narasi yang muncul Ahok kuat, tapi kami bilang Ahok potensial kalah,” kata Adjie dalam diskusi ‘Perang Survei Pilkada’ di kawasan Cikini, Jakarta, Sabtu (8/10).

Adjie menyatakan, seorang petahana dianggap aman apabila selisih elektabilitas sebesar 20 persen. Sementara, saat ini Ahok hanya berbeda 12 persen dengan kompetitornya.‎

“Ahok potensial kalah, pertama indikasi penurunan suara, survei kami dari Juli-Oktober 2016 ada penurunan 18 persen. Itu penurunan besar bagi incumbent,” ucap Adjie.

Menurut Adjie, jarang sekali ada penurunan elektabilitas sebesar itu kepada incumbent. ‎Usai pendaftaran, elektabilitas jatuh di angka 30 persen.

“Selisih elektabilitas Ahok dengan Anies atau Agus beda hanya 10-12 persen,” ungkap Adjie. (gil/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top