Duh, 68 Persen Dosen Indonesia Belum Bergelar Doktor – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Duh, 68 Persen Dosen Indonesia Belum Bergelar Doktor

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Di tengah ketatnya persaian dunia pendidikan dan perkembangan zaman, perguruan tinggi dituntut bisa mencetak alumnus yang memiliki kompetensi.

Semua itu tidak terlepas dari sokong tenaga dosen yang berpendidikan memumpuni, yakni berpendidikan minimal doktor. Berdasarkan Data dari Kementerian Ristek dan Dikti (Kemenristekdikti) dosen yang berpendidikan doktor baru 24.210 orang.

Semuanya tersebar di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di bawah naungan Kementerian Ristek dan Dikti. Sementara, jumlah seluruh dosen di Indonesia berpendidikan doktor sebanyak 31.109 orang.

”68,89 persen dosen muda di Indonesia berpendidikan S1 dan S2 dan berusia di bawah 45 tahun,” terang Menteri Ristekdikti Mohamad Nasir dilansir Indopos (Fajar Group), Senin (10/10).

Saat ini Kemenristekdikti tengah mendorong dosen muda untuk meningkatkan pendidikannya ke level doktor. Targetkan itu diupayakan melalui Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia (BUDI) dalam negeri.

Khusus di 2016, pendaftar program BUDI tercatat sebanyak 9.257 orang. 2.000 diantaranya dinyatakan lolos seleksi. Menurut Nasir, tingginya pendaftar program BUDI ini menunjukkan minat studi lanjut bagi dosen-dosen di Indonesia begitu besar.

Ia berharap, penerima BUDI dapat dimanfaatkan sebaik mungkin dengan menyelesaikan studi tepat waktu dan menguasai bidang ilmu yang dipilihnya.

”Kami ingin penerima BUDI kelak dapat memperkuat jajaran dosen PT yang berkualitas dan berkontribusi menghasilkan publikasi baik nasional maupun internasional,” tegas Nasir. (Fajar/JPG)

Click to comment
To Top