Raih 61 Suara, Mohammad Saleh Resmi Jabat Ketua DPD RI Gantikan Irman Gusman – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Raih 61 Suara, Mohammad Saleh Resmi Jabat Ketua DPD RI Gantikan Irman Gusman

FAJAR.CO.ID JAKARTA – Dewan Perwakilan Daerah (DPD) resmi menetapkan senator asal Bengkulu Mohammad Saleh sebagai Ketua DPD RI baru menggantikan Irman Gusman yang saat ni ditahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Keputusan itu diketok dalam rapat paripurna luar biasa yang digelar DPD hari ini, Selasa (11/10).

“Dengan persetujuan sidang paripurna, menetapkan Saleh sebagai ketua dan saudara Ratu Hemas sebagai wakil ketua satu dan Farouk sebagai wakil ketua dua,” ujar pimpinan sidang paripurna DPD Maimanah membacakan hasil voting.

Dengan ditetapkannya Saleh sebagai ketua DPD pengganti Irman, maka rangkaian agenda sidang paripurna luar biasa dianggap telah usai.

“Kami ucapkan selamat atas terpilihnya pimpinan DPD terpilih. Kami berharap pimpinan terpilih ini dapat menjalankan kinerja dalam tugas konstitusional untuk kepentingan rakyat dan daerah,” pungkas Maimanah.

Pemilihan ketua DPD dilakukan dengan voting dimana  Saleh mendapatkan suara terbanyak dengan perolehan 61 suara.

Dia  mengalahkan GKR Hemas yang meraup 31 suara dan Farouk Muhmad sebeaar 23 suara. Total suara dari anggota DPD yang tercatat yakni, 116 suara dan 1 suara tidak sah.

Sebelum voting pemilihan ketua DPD, Saleh pun menjalani voting untuk pengganti pimpinan DPD dari wilayah barat.

Karena, Irman merupakan senator dari wilayah barat karena itu penggantinya pun harus dari wilayah yang sama.

Saleh berhasil menyingkirkan 10 anggota DPD dari wilayah barat lainnya yang turut maju menjadi calon pimpinan lembaga tempat berkumpulnya para senator tersebut. Dia memperoleh 59 suara.

Saleh unggul, dengan peringkat kedua cukup jauh ‎diduduki Parlindungan Purba dari Sumatera Utara‎ yang mendapatkan 21 suara.

Click to comment
To Top