Kapolri Tunda Pelantikan Pembuka Blokir Rekening Gayus Tambunan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Kapolri Tunda Pelantikan Pembuka Blokir Rekening Gayus Tambunan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – ‎Kapolri Jenderal Tito Karnavian melantik sejumlah perwira tinggi (pari) Polri termasuk sejumlah kepala kepolisian daerah (Kapolda), sekaligus memimpin proses serah terima jabatan (sertijab) Rabu (12/10).

Namun, dalam pelantikan itu tidak tampak adanya Brigjen Raja Erizman yang dalam telegram rahasia tercantum diangkat menjadi Kepala Divisi Hukum (Kadivkum) Polri.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan bahwa dirinya sengaja tidak melantik Raja. Sebab, pejabat Kadivkum lama, Irjen Setyo Warsito tengah berada di Hawaii.

“Pejabat lamanya Pak Setyo Warsito lagi mengikuti konferensi di Hawaii. Jadi nanti kalau kembali saya akan lantik sendiri di ruangan saya,” kata Tito di Rupatama Mabes Polri, Jakarta, Rabu (12/10).

Tito memperkirakan Sety‎o kembali ke Indonesia pekan depan. Sehingga pelantikan jabatan Kadivkum Polri digelar  pekan depan pula.

Pelantikan Raja juga akan disesuaikan dengan jadwal Tito. Sebab, Tito pada akhir pekan ini akan berada di luar negeri.

“Dia  (Setyo, red) pulang kalau gak salah akhir minggu ini. Saya nanti siang berangkat Thailand karena ada kegiatan konferensi kepala polisi di Thailand, sekalian ulang tahun polisi Thailand,” terang Tito.

Begitu selesai di Thailand, Tito lantas ke Singapura untuk memenuhi undangan bekas almamaternya. “Sehingga Kadivkum kami dilantik hingga minggu depan. Tapi tempatnya mungkin di ruangan saya saja,” tegasnya.

Seperti diketahui, Raja pernah dibawa ke sidang etik dan profesi pada 2011 terkait penanganan kasus Gayus Tambunan. Ia pernah dituding membuka blokir rekening berisi dana Rp 25 miliar milik Gayus Tambunan.

Namun, Tito meganggap persoalan yang membelit Raja sudah selesai. Sebab, bekas Direktur Tindak Pidana ekonomi Khusus Bareskrim itu sudah menjalani sanksi.

Dalam mutasi kali ini, Tito melantik‎ Irjen Lutfi Lubihanto sebagai Kepala Bagian Intelijen dan Keamanan (Kabaintelkam) Polri. Dia menggantikan Komjen Noer Ali yang memasuki masa pensiun.

Selain itu ada Irjen Rycko Amelza Dahniel yang dilantik menggantikan Irjen Raden Budi Winarso sebagai Kapolda Sumatera Utara.

Untuk posisi Kapolda Bengkulu, Kapolri melantik Brigjen Yovianes Mahar untuk menggantikan Brigjen Ghufron. Sedangkan Brigjen Anton Wahono dilantik menjadi Kapolda Bangka Belitung.

Ada pula Kombes Listyo Sigid Purnomo yang dilantik sebagai Kapolda Banten menggantikan Brigjen Ahmad Dofiri. Sebelumnya, Kombes Listyo merupakan ajudan Presiden Joko Widodo.‎

Sedangkan untuk posisi Kapolda Lampung dipercayakan kepada Brigjen Sudjarno.  Sebelumnya posisi Kapolda Lampung dipegang Brigjen Ike Edwin. (Fajar/jpnn)

To Top