Pemprov DKI Minta Lanjutkan Pembahasan Raperda Reklamasi Teluk Jakarta – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Jabodetabek

Pemprov DKI Minta Lanjutkan Pembahasan Raperda Reklamasi Teluk Jakarta

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Pemprov DKI Jakarta sudah mengajukan surat kepada DPRD untuk melanjutkan lagi pembahasan raperda tentang reklamasi di Teluk Jakarta.

Raperda terkait reklamasi yang dulu sempat dibahas di DPRD DKI adalah Raperda tentang Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-pulau Kecil dan Raperda tentang Rencana Tata Ruang Kawasan Startegis Pantai Utara Jakarta.

“Iya, kalau enggak diajukan nanti bagaimana dong?” ujar Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, Selasa (11/10).

Ahok, sapaan akrab Basuki, mengatakan, pengembang sudah melakukan pembangunan di beberapa pulau reklamasi. Salah satunya adalah Agung Sedayu Group yang memperoleh izin reklamasi Pulau G.

Chairman Agung Sedayu Group Sugianto Kusuma pernah mengatakan, dia ingin agar perda terkait reklamasi bisa cepat diselesaikan. Pasalnya, perusahaan pengembang membutuhkan kepastian investasi dalam proyek reklamasi. 

Tanpa ada perda tersebut, mereka tidak bisa mengurus izin untuk melakukan pembangunan di atas pulau buatan, padahal proyek pembangunan harus segera dilakukan.

“Pengusaha sudah bangun, masa dimentokin? Kami mau kembangin, Pulau Seribu juga semua mau dikembangin, kalau enggak diajuin, bagaimana?” kata Ahok.

DPRD DKI Jakarta sebelumnya menghentikan pembahasan dua raperda terkait reklamasi tersebut.

Penghentian dilakukan setelah seorang anggota DPRD DKI Jakarta, Mohamad Sanusi, tertangkap dalam operasi tangkap tangan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) usai bertransaksi suap terkait pembabahan raperda tersebut.

Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi, mengaku sudah menerima surat pengajuan pembahasan Raperda Reklamasi dari Gubernur Ahok. Pihaknya akan melakukan rapat bersama Badan Musyawarah (Bamus) DPRD.

“Nanti diharapkan segera ada keputusan mengenai kelanjutan raperda tersebut,” tandasnya. (Fajar/jpnn)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top