Ini Komentar Nusron Wahid yang Bikin Ustad Yusuf Mansur Menangis – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Ini Komentar Nusron Wahid yang Bikin Ustad Yusuf Mansur Menangis

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Umat dibuat kaget dengan pembelaan membabi buta politikus Golkar, Nusron Wahid terhadap dugaan penistaan yang dilakukan Ahok. 

Ya, dalam sebuah diskusi di salah satu stasiun televisi Selasa lalu, Nusron terkesan ogah menerima putusan Majelis Ulama Indonesia (MUI) terkait tindakan Ahok yang melecehkan Alquran. 

Eks Ketua Umum GP Ansor tersebut justru malah mengenyampingkan hasil kajian MUI. 

Wajar saja, selepas acara itu, dai kondang Yusuf Mansur sesegukan lantaran kecewa para ulama direndahkan. 

Dalam video yang beredar di Youtube, Ustad YM-sapaannya- sampai menitikan air mata. Dia juga memohon kepada seluruh umat muslim agar tidak menghina para ulama. 

Berikut adalah pernyataan lengkap Nusron Wahid dalam acara Indonesian Lawyers Club Selasa kemarin (11/10):

“Yang namanya al-Qur’an, yang paling sah untuk menafsirkan, yang paling tahu tentang al-Qur’an itu sendiri adalah Allah Subhanahu Wata’ala dan Rasul. Bukan Majelis Ulama Indonesia (MUI), bukan Ahmad Dhani, bukan Dahnil Simanjuntak, juga bukan juga saya, maupun Hamka Haq, bukan itu,” ujarnya menyebut nama sejumlah tokoh pembicara pada acara itu.

“Yang paling tahu tentang apa yang disampaikan oleh Ahok di Pulau Seribu, ya Ahok. Bukan orang lain. Itu ilmu tafsir, itu ilmu teks, hermeneutik.”

“Kiai-kiai saya, guru-guru saya, ulama-ulama saya dulu, ketika memaknai al-Qur’an saya ngaji, tidak pernah mengklaim dirinya paling benar. Selalu ditutup dengan satu kalimat, ‘Wallahu a’lamu bimurodihi; bahwa hanya Allah-lah sesungguhnya yang paling tahu tentang maknanya, bukan orang lain.’ Karena itu, kalau menjadi ulama, menjadi kiai, mengutip al-Qur’an, jangan hanya mengutip dengan surat al-Qur’an yang terjemahan.”

“Barangsiapa yang belajar al-Qur’an tanpa guru, gurunya syaitan.”

“Hentikan penggunaan ayat-ayat untuk politik. Ayat Al-Maidah tidak ada kaitannya dengan politik. Ayat Al-Maidah multi fatsir. Karena multi tafsir, tidak usah dipakai justifikasi untuk menistakan orang, untuk melawan orang dan lain sebagainya.”

“Yang paling tahu tentang omongan Ahok ya Ahok sendiri.”. (Fajar/JPG)

loading...
Click to comment
To Top