PSSI Tak Punya Anggaran Gelar Kongres di Jakarta – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Bola

PSSI Tak Punya Anggaran Gelar Kongres di Jakarta

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – PSSI akhirnya melontarkan apologi mengenai alasan bersikukuh menggelar Kongres Pemilihan di Makassar. Menurut mereka, kas atau keuangan PSSI saat ini sedang kosong dan tak akan sanggup jika harus membiayai Kongres Pemilihan di Jakarta sesuai rekomendasi Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

PSSI mengklaim, jika kongres jadi digelar di Makassar, seluruh pendanaan bakal ditanggung tuan rumah. Menurut anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Toni Aprilani, sebenarnya persiapan Makassar sudah mencapai 90 persen, mulai dari booking hotel hingga tiket pesawat untuk para undangan. 

Akomodasi selama di sana juga akan ditanggung panitia lokal dalam hal ini Asprov PSSI Sulsel dan PSM Makassar. “Jadi, di Makassar itu tinggal menunggu tamu undangan saja. Semua sudah ready. Kalau dipindah Jakarta, PSSI tidak punya dana, sementara pemerintah tidak mau membiayai,” kata Toni seperti dilansir Indopos (Jawa Pos Group)

Di sisi lain, dia juga perlu mendapat masukan dari Kesekjenan PSSI apakah sanggup mempersiapkan segala sesuatu dalam waktu singkat mengingat Kongres Pemilihan PSSI tinggal berjarak tiga hari lagi.

Dia juga mengeluhkan upaya pemerintah yang sangat mepet mengajak duduk bersama dengan PSSI. Seharusnya mereka menjadwalkan tidak lama dari penerbitan surat 9 September tentang rekomendasi Jogjakarta.

“Ini kan mepet banget. Apalagi kami tidak mungkin menabrak aturan di statuta. Dalam statuta, perubahan lokasi dan sebagainya harus diberitahukan ke peserta delapan pekan sebelum kongres. Lah ini tinggal hitungan hari,” ungkapnya.

Sementara itu, Menpora Imam Nahrawi menegaskan, pihaknya tidak akan membantu pembiayaan kongres. Dia justru akan membantu pencairan anggaran jika Kongres digelar di Jogja. 

“Seandainya mau di Jogjakarta, kami sudah mau menganggarkan. Sama halnya seperti kami menganggarkan Rp 1,4 miliar buat timnas U-19,” ungkap Menpora.

Imam meminta PSSI segera berkomunikasi dengan FIFA terkait pelaksanaan Kongres, tanpa mendiskusikannya lagi. 

Sebab, saat pertemuan antara Menpora Imam Nahrawi dengan Plt Ketua Umum PSSI Hinca Panjaitan yang juga dihadiri Juru Bicara Kemenpora Gatot Dewa Broto, Sekjen PSSI Azwan Karim dan Ketua Pemilihan Agum Gumelar, Rabu (12/10), telah disepakati bahwa kongres digelar di Jakarta.

“Atas kesepakatan bersama, kami langsung berkirim surat kepada kepolisian agar segera merekomendasikan Jakarta sebagai tempat pelaksanaan kongres PSSI. Tentu berikutnya kami minta kepada para pihak, terutama PSSI untuk segera melapor ke FIFA dan AFC dan kami tunggu hasil laporannya,” jelas Menpora. 

“Saya tidak ingin ada alasan baru bahwa ini harus di didiskusikan lebih lanjut kepada para pihak karena ini harus dikomunikasikan secara tepat dengan otoritas sepak bola yaitu FIFA dan AFC,” paparnya. (Fajar/JPG)

loading...
Click to comment
To Top