Siapa yang Pindahkan BUMN dari Komisi VI ke XI? Ini Jawaban Ade Komaruddin – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Politik

Siapa yang Pindahkan BUMN dari Komisi VI ke XI? Ini Jawaban Ade Komaruddin

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Ketua DPR Ade Komarudin membantah dirinya telah memindahkan mintra Kerja Komisi VI, yakni Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ke Komisi XI.

Ini dikatakan Ade setelah dirinya dilaporkan anggota Komisi VI DPR ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR dengan tuduhan penyalahgunaan wewenang.

“Pimpinan enggak pernah mengalihkan kemitraan Komisi VI,” ujar pria yang akrab disapa Akom di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (14/10).

Sebagai bukti dirinya tidak pernah berbohong, politikus Partai Golkar tersebut meminta awak media untuk menanyakan ke Kesetjenan DPR.

Apakah ada atau tidak bukti surat perpindahan mintra kerja Komisi VI ke Komisi XI yang ditandatangani olehnya. “Saya enggak pernah teken surat,” katanya.

Akom menduga yang melakukan perpindahan mitra kerja Komisi VI dilakukan oleh anggota Komisi XI DPR, Said Abdullah. 

Said diduga meminta persetujuan ke Sekretaris Menteri BUMN terkait kepindahan ini.

Sebelumnya, Wakil Ketua Komisi VI DPR Azzam Azman Natawijana mengatakan, Ketua DPR Ade Komarudin telah berbuat di luar kewenangannya sebagai pemimpin dewan.

Sebab itu, para anggota Komisi VI DPR  melaporkan politisi Partai Golkar ke MKD DPR dengan tuduhan pelanggaran etik. Pelanggaran etik tersebut karena Ade Komarudin dengan sengaja telah memindahkan mitra kerja Komisi VI DPR ke Komisi XI DPR.

Sementara, anggota Komisi VI DPR Bowo Sidik Pangarso mengatakan kasus tersebut diketahui oleh para anggota Komisi VI setelah Komisi XI mengadakan rapat kerja dengan mitra kerja Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Padahal dalam paripurna DPR sudah diputuskan bahwa mitra kerja Komisi VI adalah BUMN bukan Komisi XI.

Oleh sebab itu, jikalau ada perubahan mitra kerja prosesnya harus melalui rapat paripurna. Bukan diputuskan sepihak seperti apa yang dilakukan oleh Ade Komarudin. (Fajar/JPG)

To Top