Siapakah Calon Raja Thailand? Setelah Raja Bhumibol Adulyadej Meninggal – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Internasional

Siapakah Calon Raja Thailand? Setelah Raja Bhumibol Adulyadej Meninggal

thai-king-bhumibol-adulyadej
Sumber Image : Reuters/Thai TV Pool

FAJAR.CO.ID – Raja Thailand Bhumibol Adulyadej meninggal pada usia 88 tahun. Istana mengumumkan kamis kemarin. Dia meninggal di rumah sakit Siriraj di Bangkok.

Raja dari salah satu monarki tertua di dunia itu dirawat sejak senin. Pada hari rabu pihak istana mengatakan bahwa kesehatannya tidak stabil. Thailand yang pernah diguncang oleh kudeta militer pada tahun 2014 itu di khawatirkan akan menghadapi ketidakpastian politik dengan kematian raja nya ini, yang dipandang sebagai kekuatan pemersatu.

Seperti dilansir laman ibtimes,”Hubungan antara rakyat thailand dan raja sangat mendalam” ujar kolonel Winthai Suvaree, juru bicara Royalist Junta kpada Reuters awal tahun ini “Dia adalah seorang ayah untuk bangsa ini.”

Pada Desember tahun lalu raja tampil didepan publik. Pada saat itu, ia terlihat duduk di singgasana emas saat upacara pelantikan di sebuah rumah sakit di bangkok. Ia mengaku berbagai masalah di kesehatannya termasuk infeksi paru-paru dan hydrocephalus, penumpukan cerebrospinal yang mengelilingi otak.

Bhumibol lahir pada tahun 1927 di Cambridge, Massachusetts, ketika ayahnya pangeran Mahidol Adulyadej menjadi mahasiswa di Universitas Havard. Bhumibol adalah raja kesem bilan dari dinasti Chakri dan naik tahta pada 9 juni 1946, setelah kakaknya Raja Ananda Mahidol meninggal. Ia secara resmi dinobatkan pada tanggal 5 mei 1950.

Salah satu kandidat pengganti dari Bhunibol Adulyadej adalah salah satu dari anaknya, yaitu putra mahkota Maha Vajiralongkron yang berusia 63 tahun dan didukung penguasa junta militer thailand, tetapi ia tidak disukai oleh rakyat karena di anggap tindakannya tidak terduga dan kasar.

Putri Siridhorn, adik dari putra mahkota juga berpeluang menjadi pengganti Raja bhumibol, karena lebih populer dengan rakyat thailand.(fajar/mbh)

loading...
Click to comment
To Top