Mau Jadi Donatur Dana Kampanye Pilkada? Ini Aturannya… – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Pilkada

Mau Jadi Donatur Dana Kampanye Pilkada? Ini Aturannya…

FAJAR.CO.ID, PANGKALPINANG – Bagi para pengusaha atau perorangan yang ingin menyumbang dana pada salah satu kandidat kepala daerah dalam Pilkada harus mengikuti aturan ini.

Dalam Pilkada untuk tingkat gubernur, setiap perorangan hanya dibolehkan menyumbang Rp 75 juta. Sedangkan donator dari kalangan perusahaan atau organisasi maksimal hanya Rp 750 juta.

“Jumlah itu sudah ditetapkan berdasarkan peraturan KPU nomor 13/2016 tentang perubahan atas peraturan KPU nomor 8/2015,” ungkap Ketua KPU Bangka Belitung Fahrurrozi yang dilansir Babel Pos (Fajar Group), Sabtu (15/10).

Dikatakan Fahrurrozi, dalam Pilkada Babel ini, setiap pasangan hanya dibolehkan memiliki dana kampanye maksimal Rp 28 miliar.

Dana kampanye setiap pasangan kandidat itu juga meliputi untuk mengatur alat peraga kampanye. Bahkan alat peraga kampanye yang boleh dipasang pun diatur untuk setiap titik.

“Setiap pasangan calon wajib mematuhi aturan ini. Jika melanggar akan dikenakan sanksi pembatalan calon,” imbuhnya.

Kemudian bagi setiap pasangan calon wajib membuka rekening dana kampanye. Rekening itu wajib dilaporkan. Baik dari penerimaan maupun pengeluarannya. (Fajar/JPG)

To Top