Pungli di Internal Polri Masih Cukup Tinggi – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Pungli di Internal Polri Masih Cukup Tinggi

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Anggota Komisi III DPR Aboe Bakar Alhabsyi mengharapkan kepolisian tidak hanya berani memberantas pungutan liar atau pungli di kementerian atau lembaga. 

Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu berharap Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian mampu membersihkan pungli di internal lembaganya. 

“Semoga Pak Tito tidak hanya sekadar melangkah di tempat-tempat institusi lain. Dia harus berani di institusinya sendiri. Itu yang kita harapkan,” kata Aboe dalam sebuah diskusi di Cikini, Jakarta, Sabtu (15/10).

Aboe mengatakan, sebagai mitra dari kepolisian, komisi III tidak akan diam dan akan terus mengingatkan.

Terlebih, kata Aboe, operasi tangkap tangan (OTT) terkait pungli di Kementerian Perhubungan menjadi sebuah pukulan bagi lembaga-lembaga pelayanan publik.

“Di pelayanan publik kita khususnya di imigrasi, apakah di lapas, SIM, dan tilang ternyata masih cukup tinggi (pungli). Ya kita harus benahi dan ambil langkah-langkah,” ujar Aboe.

Karenanya, menurut Aboe, perlu kerja keras bersama antara pengawas kementrian, lembaga pengaduan masyarakat, pemerintah dan kepolisian untuk memberantas pungli dari Indonesia.

“Akan lebih kuat lagi kalau di Perpres kan. Karena yang kita kawal ini kawan-kawan kita sendiri,” pungkasnya. (Fajar/jpg)

Click to comment
To Top