Pengamat: Amien Rais Bisa Mendongkrak atau Bahkan Menggerus Suara Agus – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Nasional

Pengamat: Amien Rais Bisa Mendongkrak atau Bahkan Menggerus Suara Agus

amien rais

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Mntan Ketua Umum PAN Amien Rais ikut turun di jalanan untuk aksi unjuk rasa besar-besaran umat Islam di Jakarta, di Balai Kota, Jakarta, Jumat (14/5). Kehadiran Amien dalam aksi bernuansa politis dinilai bisa menggerus suara pasangan Agus Yudhoyono-Sylviana Murni di Pilkada DKI.

Menurut pengamat politik Pangi Syarwi Chaniago, hal itu bisa terjadi terhadap warga Jakarta, yang tidak suka dengan tokoh reformasi itu. Sebab, sosok Amien masih sulit dilepaskan dari PAN sebagai partai pengusung Agus-Sylvi.

“Amien Rais bisa mendongkrak atau menggerus suara Agus. Bagi orang yang anti Amien pasti bisa menggerus, tapi bagi mayoritas Islam saya kira berdampak positif,” ujar Pangi saat dikonfirmasi di Jakarta, Minggu (16/10).

Direktur Eksekutif Voxpol Center itu berpandangan, kehadiran Amien di antara para demontran yang menuntut dituntaskannya kasus dugaan penistaan agama oleh Ahok, ada nilai positif dan negatifnya secara politik.

Bagi pemilih Jakarta yang anti Ahok, kehadiran Amien bisa menjadi insentif elektoral terhadap Agus-Sylvi, yang diusung Demokrat, PAN, PPP dan PKB.

“Sebaliknya, bagi yang anti Amien, itu mengganggu elektabilitas pasangan Agus-Sylvi,” katanya.(fat/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top