Haji Lulung Merapat ke Agus-Sylvia, Dukungan Djan Faridz ke Ahok Sia-sia – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Pilkada

Haji Lulung Merapat ke Agus-Sylvia, Dukungan Djan Faridz ke Ahok Sia-sia

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Romahurmuziy senang lantaran orang terkuat di PPP kubu Djan Faridz, yakni Abraham Lunggana (Lulung) menyatakan mendukung pasangan calon Gubernur-Wakil Gubernur Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni.

Ini dikatakan Romi setelah petinggi PPP kubu Djan Faridz dan Lulung bertemu dengan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Menurut Romi, Lulung dikenal sebagai satu-satunya kekuatan utama PPP DKI Jakarta. Dengan berlabuhnya Lulung ke Agus-Sylviana, maka secara otomatis kekuatan Djan Faridz di Pilgub sia-sia.  

“Deklarasi sore ini sama artinya dengan gerbong kosong. Jadi dukungan Djan Faridz itu ibarat peribahasa, tong kosong nyaring bunyinya,” ujar Romi saat dikonfirmasi, Senin (17/10).

Anggota Komisi I DPR tersebut menambahkan dukungan terhadap Ahok menjadi sia-sia dikarenakan ada tiga hal. Pertama secara yuridis Djan Faridz tidak memiliki keabsahan yang sah di mata hukum. Pasalnya kubu PPP telah memiliki SK kepengurusan sah dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham). 

“Sedangkan berdasarkan UU Pilkada dan pasal 6 ayat (4) dan (5) PKPU Nomor 5 tahun 2016 tentang pengusungan calon Gubernur dan Wakil Gubernur telah selesai dan tak bisa dicabut dukungannya,” beber dia. 

Kemudian kedua, secara kultural tidak ada satupun ulama yang selama ini menjadi basis massa PPP, mendukung langkah Djan Faridz. “Bahkan kyai Noer Iskandar yang dia catut namanya sudah jelas mendukung Agus-Sylvi,” katanya.

Ketiga, ungkap Romi, secara struktural tidak ada kader PPP yang mendukung langkah Djan Faridz tersebut.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Syarief Hasan mengaku, para petinggi PPP kubu Djan Faridz telah bertemu dengan Ketua Umum Partai Demokrat SBY di Cikeas, Jawa Barat  pada Minggu, (16/10) malam.

Syarief mengatakan salah satu yang datang adalah Ketua DPW PPP kubu Djan Faridz, Lulung. Tujuan mereka untuk mendukung pasangan calon Gubernur-Wakil Gubernur Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni di Pilgub DKI 2017 mendatang.

Menurut Syarief, atas dukungan tersebut Ketua Umum Partai Demokrat SBY mengucapkan terima kasih, karena mereka berkomitmen akan membantu memenangi pasangan yang diusung oleh Koalisi Cikeas, untuk mengalahkan petahana Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Sekadar informasi, PPP kubu Djan Faridz sore ini sekira pukul 15.30 WIB berencana akan mendeklarasikan dukungan terhadap petahana calon Gubernur-Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahok dan Djarot. (Fajar/JPG)

loading...
Click to comment
To Top