KPK Bidik Bupati Kebumen – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Hukum

KPK Bidik Bupati Kebumen

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membuka peluang akan menjerat tersangka baru dalam kasus dugaan suap ijon proyek-proyek di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Pemerintah Kabupaten Kebumen.

Itu setelah komisi antirasush menetapkan Ketua Komisi A DPRD Kebumen, Yudi Tri Hartanto dan PNS di Dinas Pariwisata Pemkab Kebumen, Sigit Widodo sebagai tersangka penerima suap dalam kasus tersebut.

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata ?memastikan pihaknya akan mendalami lebih jauh kasus ini.

“Saya tidak bisa andai-andai. Tidak bicara akan, akan, akan, akan. Pasti kita dalami semua informasi,” kata Alex di gedung KPK, Senin (17/10).

?Alex mengatakan, pengembangan akan dilakukan terhadap pihak-pihak lain yang diduga terlibat. T?ermasuk kemungkinan Bupati Kebumen, Mohammad Yahya Fuad terlibat dalam kasus ini.

“Sedang kita dalami.? Kita dalami semua informasi terkait siapapun. Kalau bukti (keterlibatan bupati) itu cukup kuat, pasti kita proses,” ujar Alex.

Menurut Alex, jika ditemukan bukti permulaan yang cukup, maka KPK tak akan segan menindaklanjuti keterlibatan Yahya Fuad.

Tim Satgas KPK melakukan operasi tangkap tangan (OTT) di Kebumen, Jawa Tengah, Sabtu 15 Oktober 2016. Tim mengamankan enam orang dalam OTT tersebut.

Mereka yang ditangkap adalah Ketua Komisi A DPRD Kebumen Fraksi PDIP Yudi Tri Hartanto, Sigit Widodo PNS di Dinas Pariwisata Pemkab Kebumen, Anggota DPRD Kebumen Dian Lestari dan Suhartono, Sekretaris Daerah Pemkab Kebumen Adi Pandoyo, serta Salim yang merupakan Kepala Cabang PT OSMA Group Cabang Kebumen. Sementara Dirut PT OSMA Group , Hartoyo masih buron.

Dalam pengembangannya, KPK kemudian menetapkan ?Yudi dan Sigit sebagai tersangka kasus dugaan suap ijon proyek-proyek di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Pemkab Kebumen yang didanai dari APBD-P 2016. Sementara empat orang lainnya, termasuk Hartoyo berstatus saksi.

Yudi dan Sigit diduga menerima? suap Rp 70 juta sebagai ijon dari proyek-proyek di Disdikpora Pemkab Kebumen senilai Rp 4,8 miliar. Di antaranya proyek pengadaan buku, alat peraga, dan peralatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK). (Fajar/JPG)

To Top