Masih Dibutuhkan, Guru Honorer Tidak Boleh Dirumahkan! – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Daerah

Masih Dibutuhkan, Guru Honorer Tidak Boleh Dirumahkan!

FAJAR.CO.ID, BENGKULU – Angin segar untuk 3.832 Pegawai honorer yang selama ini bertugas sebagai guru maupun di bidang administrasi sekolah di Provinsi Bengkulu.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengeluarkan makluman mereka tidak boleh dirumahkan, kendati ada peralihan kewenangan dari pemeintah kabupaten/kota ke pemeriintah provinsi.

Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Bengkulu Seption Muhadi, menegaskan, khusus untuk tenaga guru bantu serta tenaga teknis lainnya sebanyak 349 orang yang selama ini diangkat melalui SK Bupati dan Walikota dipastikan dianggarkan gajinya melalui APBD Provinsi mulai 2017 mendatang.

Sedangkanguru yang diangkat kepala sekolah dan yayasan honor mereka dibayar melalui Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

“Tenaga honorer yang selama ini bekerja di sekolah tingkat SMA/SMK dan SLB itu tidak boleh dirumahkan atau diberhentikan,” ujarnya dilansir Rakyat Bengkulu (Fajar Group), Senin (1710).

Dia menerangkan saat pihak sekolah masih membutuhkan tenaga honorer, karena masih kekurangan jumlah guru. Namun keberadaan guru honorer harus dievaluasi dan penempatannya harus merata, agar tidak ada yang menumpuk.

Lebih lanjut Seption menyebutkan, Kemendikbud lebih meminta agar Pemprov dan Pemda Kabupaten/Kota dalam menempatkan para guru merata.

Agar seluruh sekolah bisa mendapatkan tenaga guru terutama PNS yang sesuai harapan masyarakat. Selama ini cukup banyak sekolah di tengah kota yang menumpuk. Di sisi lain ada pula sekolah yang jauh itu kekurangan guru. (Fajar/JPG)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top