Gara-gara Ini, Dispenda Sumut Laporkan Pertamina ke KPK – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Daerah

Gara-gara Ini, Dispenda Sumut Laporkan Pertamina ke KPK

FAJAR.CO.ID, MEDAN – Dinas Pendapatan (Dispenda) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) melaporkan PT Pertamina Wilayah setempat ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Pengaduan itu dampak dari perusahaan plat merah itu tidak transparan dalam menyampaikan data penjualan bahan bakar minyak (BBM) dari stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di wilayah Sumut. Akibat ketidaktransparan itu, pajak BBM yang dibayarkan PT Pertamina sangat kecil dari bulan-bulan sebelumnya.

Kepala Dispenda Sumut, Sarmadan Hasibuan menyebutkan, biasanya pihak Dispenda menerima pajak bahan bakar minyak (BBM) dari PT Pertamina sebesar Rp73 miliar setiap bulannya.

Namun, belakangan jumlah pajak bahan bakar yang diterima menurun menjadi Rp 61 miliar setiap bulan dengan alasan, adanya fluktuasi harga BBM.

Dia menyebutkan salah indikator untuk mengetahui penyebab turunnya penerimaan pajak kendaraan bahan bakar bermotor (PBBKB)yakni dari data hasil penjualan BBM di setiap SPBU di wilayah Sumut.

“Sayangnya PT Pertamina tidak pernah memberikan data yang jelas tentang jumlah penjualan BBM, sehingga perhitungan PBBKB berdasarkan asumsi PT Pertamina sendiri,” ungkap Sarmadan dilansir Sumut Pos (Fajar Group), Selasa (18/10).

“Masalah ini sudah kami sampaikan secara tertulis kepada Deputi Pencegahan KPK,” imbuh Sarmadan.

Pelaporan itu juga ditindaklanjuti dengan berkoordinasi langsung dengan Deputi bidang pencegahan KPK. Pihak Dispenda Sumut pun berkonsultasi soal pemungutan pajak kendaraan bahan bakar bermotor (PBBKB).  (Fajar/JPG)

To Top