KPK Bantah Sudah Umumkan Penerbitan Sprindik Bupati Buton – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Hukum

KPK Bantah Sudah Umumkan Penerbitan Sprindik Bupati Buton

Yuyuk-Andriati

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membantah sudah mengumumkan penerbitan surat perintah penyidikan (sprindik) terhadap Bupati Buton, Samsu Umar Abdul Samiun dalam kasus suap mantan Ketua Mahkamah Konsititusi (MK) Akil Mochtar pengurusan sengketa Pilkada Buton di MK tahun 2011 silam.

Sebelumnya, Wakil Ketua KPK Saut Situmorang kepada salah satu media nasional Koran Tempo edisi 18 Oktober 2016 mengatakan bahwa surat perintah dimulainya penyidikan terhadap kasus yang menimpa Umar Samiun itu sudah diterbitkan.

“Confirmed sudah ada sprindik,” begitu kata Saut Situmorang.

Namun, setelah awak Fajar.co.id mengkonfirmasi kembali kepada pihak KPK, Yuyuk Andriati selaku Plt Kepala Biro Humas KPK menegaskan belum mendapat informasi terkait hal itu. “Saya belum bisa konfirmasi sekarang, akan segera saya update jika ada info baru,” jelas Yuyuk dalam pesan singkatnya.

Ditambahkan, terkait dengan informasi tersebut, Yuyuk menegaskan bahwa KPK selama ini tidak pernah mengumumkan ke public jika akan mengeluarkan sprindik. Untuk persoalan itu, lanjutnya merupaka kewenangan dari penyidik KPK.

“Begini ya, kami tidak pernah mengumumkan apakah sprindik itu sudah ada atau belum. Karena itu memang sepenuhnya menjadi kewenangan penyidik,” tegasnya.

“Yang jelas, penanganan kasus ini tengah berjalan,” tutupnya. (hrm/Fajar)

loading...
Click to comment
To Top