Terakit Korupsi e-KTP, KPK Garap Gubernur BI – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Hukum

Terakit Korupsi e-KTP, KPK Garap Gubernur BI

FAJAR.CO.ID JAKARTA – Setelah memanggil dan memeriksa sejumlah pejabat tetkait korupsi kartu tanda penduduk berbasis elektronik (e-KTP) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mulai menggilir pejabat lainnya.

Salah satunya dengan menanggil Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo sebagai saksi dalam kasus tersebut.

“Terkait pendanaan dan pembiayaan E-KTP itu ya akan dimintai keterangannya. Biar penyidik lebih jelas siapa yang bertanggungjawab,” kata Wakil Ketua KPK Laode Muhammad Syarif di Jakarta, Selasa (18/10).

Sedianya, Agus diperiksa sebagai saksi untuk tersangka e-KTP, mantan Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri Irman. Agus diperiksa dalam kapasitasnya sebagai menteri keuangan pada 2010 hingga 2013.

Dalam pengadaannya, proyek e-KTP pada tahun 2011 dan 2012 menelan anggaran hingga Rp 6 triliun. Kala itu, Agus telah menjabat Menteri Kkeuangan sebelum akhirnya menduduki kursi gubernur BI menggantikan Darmin Nasution.

“Ya itu kan uang negara yang dipakai, maka perlu menkeu saat itu perlu ditanyai pandangannya,” ujar Syarif.

Namun hingga sore hari, Agus Martowardojo belum menampakkan diri di gedung KPK.

“Penyidik belum memperoleh konfirmasi terkait ketidakhadirannya. Pemeriksaan akan dijadwalkan ulang,” kata Pelaksana Harian (Plh) Kabiro Humas KPK Yuyuk Andriati saat dikonfirmasi.

Dalam kasus ini, KPK telah menetapkan dua orang tersangka. Mereka adalah mantan Direktur Pengelolaan Informasi Administrasi Penduduk pada Ditjen Dukcapil Kemendagri, Sugiharto dan Irman selaku mantan Pelaksana Tugas (Plt) Dirjen Dukcapil Kemendgari atau Dirjen Dukcapil Kemendagri.

Keduanya diduga bersama-sama melakukan perbuatan melawan hukum dalam proyek pengadaan e-KTP. Sehingga menyebabkan kerugian negara senilai Rp 2 triliun.

Dua tersangka itu diduga menyalahgunakan wewenang untuk memperkaya diri sendiri, orang lain atau korporasi terkait pengadaan paket penerapan e-KTP tahun 2011-2012. Disebutkan total nilai proyek e-KTP sebesar Rp 6 triliun. (Fajar/Jpnn)

loading...
Click to comment
To Top